MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS HYPERCONTENT PADA KONSEP SUHU DAN KALOR

  • Yusri Handayani author
  • Dewi Hikmah Marisda author
Keywords: discovery learning, hypercontent, hasil belajar

Abstract

Abstrak: Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Hypercontent pada Konsep Suhu dan Kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII A2 SMP Unismuh Makassar melalui melalui model pembelajaran discovery learning berbasis hypercontent. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Unismuh Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yaitu 120 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A2 yang terdiri dari 22 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, di mana tiap siklus mengandung empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil belajar fisika peserta didik kelas VII A2 SMP Unismuh Makassar dari siklus I dengan persentase 86,36% masuk dikategori tidak tuntas sedangkan kategori tuntas masih rendah yaitu sekitar 13, 63% sedangkan siklus II sudah mengalami peningkatan ketuntasan. Persentase siklus II untuk kategori tidak tuntas mengalami penurunan menjadi 36,36 % dan persentase ketuntasan naik menjadi 63,63 %.

Published
2020-06-11
How to Cite
Handayani, Y., & Marisda, D. (2020). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS HYPERCONTENT PADA KONSEP SUHU DAN KALOR. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 32-37. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.574