Pemanfaatan LMS Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Besaran Listrik Mata Kuliah Alat Ukur Listrik Mahasiswa Pendidikan Fisika
Keywords:
alat ukur listrik; konsep; LMS; MoodleAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh pemanfaatan LMS berbasis Moodle terhadap peningkatan pemahaman konsep pengukuran besaran listrik pada Mata Kuliah Alat Ukur Listrik bagi mahasiswa Pendidikan Fisika UMMAT Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu Februari-Maret 2023. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UMMAT. Adapun sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2022 sebanyak 13 orang yang sedang menempuh mata kuliah alat ukur listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk tes pemahaman konsep yang mengukur ranah kognitif. Jumlah soal sebanyak 25 soal. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu membantu mahasiswa memahami konsep pengkukuran besaran-besaran Listrik sehingga memudahkan dalam mengukur besaran listrik di dalam laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan LMS berbasis Moodle untuk menunjang pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Fisika UMMAT Tahun Akademik 2022/2023 pada mata kuliah alat ukur listrik. Adapun nilai N-Gain sebesar 0,688 sehingga peningkatan pemahaman konsep berada mahasiswa pada alat ukur listrik berada pada kategori sedang.
References
Alifiyanti, I. F., Afifah, F. H., & Ramadoan, N. (2019). Pemanfaatan learning management system (LMS) berbasis edmodo materi fluida dinamis untuk peningkatan minat dan prestasi belajar fisika siswa sekolah menengah. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3(1), 155. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28536
Ikbal, M. S., Permana, I., Lisna, L., Kadir, F., & Hasanah, A. U. (2023). Pengembangan rubrik penilaian responsi praktikum elektronika dasar berbasis google spreadsheet. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 6(2), 49–62. https://doi.org/10.46918/karst.v6i2.1925
Islahudin, I. (2018). Buku Ajar Dasar-dasar Elektronika Analog, Digital, dan Sensor (Edisi Pert). Deepublish.
Islahudin, I., Sabaryati, J., Zulkarnain, Z., Khaerani, S., Pathoni, H., & Idris, K. (2019). Pelatihan merangkai komponen rangkaian listrik dengan metode “DEBU” (demonstrasi, bahas, dan unjuk kerja) bagi guru fisika di desa aik dareq, kecamatan batukliang, lombok tengah tahun 2019. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.884
Islahudin, I., & Soeharto, S. (2020). Improving Students’ Conceptual Mastery on Digital Circuit Topic Using Electronics Workbench Software. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). https://doi.org/10.26737/jipf.v5i1.1127
Müller, C., Mildenberger, T., & Steingruber, D. (2023). Learning effectiveness of a flexible learning study programme in a blended learning design: why are some courses more effective than others? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-022-00379-x
Nisa, A. K., Agitha, N., & Mardialina, M. (2022). Rancangan course kolaboratif dan edukatif menggunakan sistem pembelajaran daring (SPADA) blended learning serta pengenalan hibah SPADA UNRAM bagi Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 3(1), 1–12. http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/article/view/468
Permata Puspita Hapsari, G., & Zulherman. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Canva pada pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43
Platonova, R. I., Orekhovskaya, N. A., Dautova, S. B., Martynenko, E. V., Kryukova, N. I., & Demir, S. (2022). Blended learning in higher education: Diversifying models and practical recommendations for researchers. Frontiers in Education, 7, 1–11. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.957199
Suarti, S., Rauf, M., & Khaer, M. W. (2024). Pengaruh penggunaan alat peraga smart trash bin terhadap pemahaman konsep fisika materi teknologi digital. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.46918/karst.v7i1.2072
Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif (Cet. 1). Alfabeta.
Susilo, R., Ardiansyah, N., Trisnowati, E., & Nurhikmahyanti, D. (2021). The Utilization of used stuff in making teaching tool based on local wisdom as a means to increase teacher professionalism. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(1), 74. https://doi.org/10.32699/spektra.v7i1.198
Wijayanti, N., Wahyuningsih, D., & Rahardjo, D. T. (2020). Pengembangan E-Modul Praktikum Listrik Magnet pada LMS Moodle di Laman Spada UNS dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 110. https://doi.org/10.20961/jmpf.v10i2.54347
Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan perangkat blended learning berbasis learning management system. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06(April), 1–12. https://doi.org/10.24042/jipf
Zainuddin, Z., Salam, S., & Hidayat, M. Y. (2019). Analisis kemampuan mahasiswa terhadap penggunaan alat laboratorium fisika. Al-Ta’dib, 12(1), 1. https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1274
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Islahudin - Islahudin, Linda Sekar Utami, Hamzah Hamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.