Pengembangan Buku Pedoman Differentiated Instruction untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Guru IPA
Keywords:
differentiated instruction; guidebook; pancasila student profileAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas buku pedoman mengenai differentiated instruction untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi guru IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D, yang meliputi tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi oleh para ahli dan dianalisis secara deskriptif. Hasil validasi menunjukkan bahwa komponen konstruk memperoleh rata-rata skor sebesar 71,5%, komponen isi 75%, dan komponen bahasa 78%, yang seluruhnya berada pada kriteria valid. Rata-rata skor validasi keseluruhan adalah 74,8%, sehingga buku pedoman dinyatakan layak digunakan. Berdasarkan hasil tersebut, buku ini dapat menjadi acuan bagi guru IPA dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mendukung integrasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Kata kunci: buku pedoman; differentiated instruction; profil pelajar pancasila
References
Ahmad, R. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan Menuju Kemandirian Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Andres, Utaminingsih, S., & Ismaya, E. A. (2022). Pengembangan buku pedoman pendidikan karakter untuk penanggulangan kenakalan siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 28–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.7133932
Destiansari, E., Anwar, Y., Susanti, R., Madang, K., Meilinda, Slamet, A., Anggraini, N., Amizera, S., & Somakim. (2023). Pelatihan dan pendampingan penyusunan modul ajar berdiferensiasi bagi guru-guru IPA di OKU Selatan. Jurnal SOLMA, 12(3), 1141–1149.
Gregory, G. H., & Chapman, C. C. (2013). Differentiated Instructional Strategies: One Size Doesn′t Fit All. Corwin Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, P. (2024). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi saintifik siswa kelas V. Jurnal Pena Ilmiah, 6(2), 101–114. https://doi.org/10.17509/jpi.v6i2.60783
Lestariningrum, A., Andyastuti, E., Lailiyah, N., Wijaya, I. P., Yatmin, Y., & Karisma, D. Y. (2023). Pengembangan buku panduan pembelajaran berbasis nilai Pancasila pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 719–729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3994
Maarif, H. (2019). Pancasila: Moral foundation and national identity. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Maharani, A., Akbar, A., & B, F. (2025). Efektivitas penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Prosa : Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1367–1375.
Makarim, N. A. (2021). Transformasi pendidikan Indonesia: Dari Kurikulum tertutup menuju Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kompas Gramedia.
Nuh, M., Arifin, A. R., & Asbari, M. (2020). Implementasi Kurikulum 2013: Teori, kebijakan, dan praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pasaribu, R., Dewa, E., & Mukin, M. U. J. (2023). Festival eksperimen fisika di SMPN 6 Kupang Tengah. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 655–662. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.19709
Ramli, M., Sakti, I., Basri, S., Idamyanti, R., & Yusdarina, Y. (2024). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal pada siswa Kelas X di SMAN 4 Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 7(1), 34–42. https://doi.org/10.46918/karst.v7i1.2266
Santhalia, W. P., David Hukunala, M., & Sudarmi, M. (2024). Pengembangan aplikasi Gambas Mie: Game-based assessment momentum and impuls. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA e. 13(2), 130–138. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i2.86036
Sari, I. G. A. D. A., Riastini, P. N., & Margunayasa, I. G. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). 1-8.
Sarnia, W., Rufaida, S., & Fiskawarni, T. H. (2024). Pengaruh media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi Canva terhadap minat belajar. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.46918/karst.v7i1.2202
Suarjaya, I. D. A., & Nugrahanta, G. A. (2024). Pengembangan buku pedoman pendidikan karakter optimisme dengan permainan tradisional untuk anak usia 10-12 tahun. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 327–342. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i1.4395
Suarti, S., Rauf, M., & Khaer, M. W. (2024). Pengaruh penggunaan alat peraga Smart Trash Bin terhadap pemahaman konsep fisika materi teknologi digital. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 7(1), 43–50.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sumintono, B., & Subekti, I. (2021). Transformasi Kurikulum di Era Kurikulum Merdeka. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Suryani, I., Lestari, R. F., Rozif, M., & Zulfahmi, M. N. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Cendikia : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(12), 636–649.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).Jakarta: Sekretariat Negara
Wulandari, D., Rangkuti, M. A., Tanjung, Y. I., Ramadhani, I., & Elvianasti, M. (2024). The conceptual knowledge test to measure the physics concepts mastery of biology students on waves topic. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 20(1), 38–51.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lailatul Nuraini, Singgih Bektiarso, Ike Lusi Meilina, Riya Safitri, Sakti Kalisa Sefanda, Dimas Halim Perdana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.