PENGARUH VIDEO MATERI GELOMBANG BUNYI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK

  • Sultan Al Faisal Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Judyanto Sirait Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Erwina Oktavianty Universitas Tanjungpura Pontianak
Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Video Pembelajaran, Gelombang Bunyi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan video pembelajaran berkenaan hasil belajar peserta didik dalam materi gelombang bunyi berdasarkan tingkat motivasi belajar. Desain penelitian ini memakai metode quasi eksperimen dengan bentuk kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu 40 orang peserta didik yang dipilih melalui teknik simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Data pada penelitian ini yaitu jawaban posttest peserta didik materi gelombang bunyi dan jawaban angket motivasi belajar IPA. Dari penelitian ini diperoleh bahwa tidak terdapat dampak penggunaan video pembelajaran berkenaan hasil belajar yang ditinjau berdasarkan motivasi belajar peserta didik terhadap  materi gelombang bunyi dengan asymptotic signifikansi dari 4 ranking of test friedman menunjukan nilai sig: 0,056 > 0,05. Namun, motivasi belajar memengaruhi hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pembelajaran jarak jauh menggunakan video pembelajaran materi gelombang bunyi. Sehingga ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar peserta didik tersebut, bukan dipengaruhi oleh penggunaan video pembelajaran.

References

Afriani, A. 2018. Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Science Education Journal, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/2036

Aritonang, K. T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Eshach, H. 2014. Develovment of a Student-center instrument to assess middle scholl students’ conceptual understanding sound. http:doi.org/10.1103/phisR 2004RevSTPER10.01.01.02.

Febriani, C. 2017. Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar The Effect of Video Media on Learning Motivation and Cognitif Learning Outcomes in Natural Science Subject of the Fifth Grade Students of Elem. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21.

Hadi, S. 2017. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Transformasi Pendidikan Abad 21. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/849

Halliday, D. & R. R. 2004. Fisika Dasar. Erlangga.

Kallesta, K. S. & E. M. 2017. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1). http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/quark/article/view/98

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. 2019. Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Nurjaman, G. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X. Jurnal Pendidikan & Biologi, 10(1). https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index.

Putri, D. T. . & I. G. 2015. Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1673

Rosa, A. G. 2015. Anggit Gurnita Rosa, 2015 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2), 20–65.

Setyosari, P. & S. 2005. Media Pembelajaran. Elang Mas.

Suryansyah, T. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/8393

Wardhany, R. P. K. 2014. Media Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57815?show=full

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Published
2022-12-30
How to Cite
Faisal, S., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2022). PENGARUH VIDEO MATERI GELOMBANG BUNYI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 5(2), 21-28. https://doi.org/10.46918/karst.v5i2.1617