PENGARUH VIDEO MATERI GELOMBANG BUNYI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan video pembelajaran berkenaan hasil belajar peserta didik dalam materi gelombang bunyi berdasarkan tingkat motivasi belajar. Desain penelitian ini memakai metode quasi eksperimen dengan bentuk kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu 40 orang peserta didik yang dipilih melalui teknik simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Data pada penelitian ini yaitu jawaban posttest peserta didik materi gelombang bunyi dan jawaban angket motivasi belajar IPA. Dari penelitian ini diperoleh bahwa tidak terdapat dampak penggunaan video pembelajaran berkenaan hasil belajar yang ditinjau berdasarkan motivasi belajar peserta didik terhadap materi gelombang bunyi dengan asymptotic signifikansi dari 4 ranking of test friedman menunjukan nilai sig: 0,056 > 0,05. Namun, motivasi belajar memengaruhi hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pembelajaran jarak jauh menggunakan video pembelajaran materi gelombang bunyi. Sehingga ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar peserta didik tersebut, bukan dipengaruhi oleh penggunaan video pembelajaran.
References
Afriani, A. 2018. Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Science Education Journal, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/2036
Aritonang, K. T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.
Eshach, H. 2014. Develovment of a Student-center instrument to assess middle scholl students’ conceptual understanding sound. http:doi.org/10.1103/phisR 2004RevSTPER10.01.01.02.
Febriani, C. 2017. Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar The Effect of Video Media on Learning Motivation and Cognitif Learning Outcomes in Natural Science Subject of the Fifth Grade Students of Elem. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21.
Hadi, S. 2017. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Transformasi Pendidikan Abad 21. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/849
Halliday, D. & R. R. 2004. Fisika Dasar. Erlangga.
Kallesta, K. S. & E. M. 2017. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1). http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/quark/article/view/98
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. 2019. Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Nurjaman, G. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X. Jurnal Pendidikan & Biologi, 10(1). https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index.
Putri, D. T. . & I. G. 2015. Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1673
Rosa, A. G. 2015. Anggit Gurnita Rosa, 2015 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2), 20–65.
Setyosari, P. & S. 2005. Media Pembelajaran. Elang Mas.
Suryansyah, T. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/8393
Wardhany, R. P. K. 2014. Media Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57815?show=full
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Copyright (c) 2022 Sultan Al Faisal, Judyanto Sirait, Erwina Oktavianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.