PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LEMBAR KERJA BERBASIS PROYEK PADA MATERI STRUKTUR KRISTAL
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi, diperoleh bahwa bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah Pendahuluan Fisika Zat Padat adalah modul, buku teks, dan e-book. Sebanyak 96% mahasiswa menyatakan bahwa perlunya bahan ajar lain seperti lembar kerja mahasiswa berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji persepsi mahasiswa terhadap lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dengan materi struktur kristal. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket persepsi sebanyak 20 petanyaan yang memuat indikator materi, bahasa, penyajian, dan tampilan dan diambil secara tatap muka dikelas. Tekniki analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengklasifikasikan data kedalam empat kategori antara lain sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju. Persentase dari rata-rata diperoleh dengan membagi jumlah persentase persepsi terhadap jumlah pernyataan. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa aktif yang mengontrak mata kuliah pendahuluan fisika zat padat dengan jumlah 47 mahasiswa. Hasil analisis data persepsi mahasiswa diperoleh rata-rata persepsi mahasiswa sebesar 85% dalam kategori sangat baik dalam aspek materi, bahasa, penyajian proyek, dan tampilan. Simpulan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek mendapatkan persepsi sangat baik dari mahasiswa telah layak untuk digunakan.
References
Aldila, F. T., Darmaji, D., & Kurniawan, D. A. 2022. Analisis Respon Pengguna terhadap Penerapan Web-based Assessment pada Penilaian Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran IPA dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1253–1262. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2091
Barlenti, I., & Hasan, M. 2017. Pengembangan Lks Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 81–86.
Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Andi.
Khasanah, S. U., & Darsinah. 2022. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 281–287. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.666
Lin, E. Z. F., & Lin, C. H. 2015. The effect of teacher-student interaction on students’ learning achievement in online tutoring environment. International Journal of Technical Research and Applications, 22(22), 19–22. www.ijtra.com
Pasandaran, R., Kartika, D. M. R., & Masni, E. D. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada Pembuktian Dalil-Dalil Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 3, 147–153.
Purnamasari, A., Karoma, K., Bukhori, K. A., & Sairi, A. P. 2020. Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Fisika SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Ilmu FisikaDan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 6–15. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5568
Sakti, I. 2018. Peranan Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14 (2), 13–17.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tseng, K. H. 2013. Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in A Project. Based Learning (PjBL) Environment. International Journal Technology and Design Education, 87–102.
Uziak, J. 2016. A project-based learning approach in an engineering curriculum. Global Journal of Engineering Education, 18(2), 119–123.
Vitrianingsih, D., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nasir, M. 2021 Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Kelas XI Di SMA Negeri 1 Palangka Raya. KARST : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya,4(1), 1–7. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.981
Wahyudi, A. T. 2016. Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Guna Melihat Kretivitas Peserta Didik Pada Materi Mengoperasikan Software Proteus Kelas IX Teknik Audio Video Di SMK Muhammadiyah 3. Disertasi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Copyright (c) 2022 Febri Berthalita Pujaningsih, Juni Lestari Tambunan, Darwaji, Irma Sakti, Tri Haryanto Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.