Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Rakyat dari Bintan Kepulauan Riau dan Implementasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Desi Sasimarni Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Legi Elfitra Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Fabio Testy Ariance Loren Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Suhardi Suhardi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dody Irawan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Zaitun Zaitun Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.46918/idiomatik.v7i2.2325

Keywords:

Nilai Pendidikan Karakter, Kumpulan Cerita Rakyat dari Bintan, Implementasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita rakyat dari Bintan Kepulauan Riau buku B.M Syamsudin.Cerita rakyat merupakan salah satu karya sastra yang menggambarkan kehidupan pada zaman dahulu. Cerita rakyat Bintan ini memberikan gambaran sekilas tentang evolusi budaya tradisional yang semakin tergerus oleh kekuatan globalisasi. Dikarenakan mengandung budaya tradisional, maka cerita rakyat kaya akan nilai-nilai moral dan kearifan lokal dan bisa dijadikan sarana komunikasi untuk mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif. Instrumen yang digunakan ialah peneliti itu sendiri dan pedoman analisis data yang membantu peneliti untuk merangkum data yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan datatriangulasi teori melalui teknik baca simak, dokumentasi, dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan secara klarifikasi dan pengelompokkan data. Hasil penelitian ini adalah terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kumpulan cerita Cerita Rakyat Dari Bintan karya B.M. Syamsuddin, yaitu nilai religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan /nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini akan diimplementasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas X semester 1 Sekolah Menengah Atas CP Elemen: membaca dan memirsa Implementasi dalam bentuk bahan ajar LKPD.

References

Andi, Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Kurniawan, Syamsul. M. S. I. 2014. Pendidikan Karakter, Yogyakarta. Ar-Ruzz 49 Media.

Mahsun. 2014. Metode penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Pers.

Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Famelia. PT Gramdia Pustaka Umum.

Samani, M. dan Hariyanto. 12 C.E. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Pratama.

Suhardi dan Andheska. 2022. Pendidikan Karakter dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Rakyat dari Bintan Kepulauan Riau dan Implementasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas (D. Sasimarni, L. Elfitra, F. T. A. Loren, S. Suhardi, D. Irawan, & Z. Zaitun, Trans.). (2024). Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 100-118. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v7i2.2325