Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sy. Mir’ah Auliah Barkah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i2.1174

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Berbasis E-Learning, Keaktifan Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring bagi siswa pada masa pandemi Covid-19. Objek penelitian adalah orang tua siswa. Fokus penelitian yaitu peran orang tua dalam pembelajaran daring bagi siswa. Teknik pengumpulan data yang di lakukan dengan cara memberikan angket dan dokumentasi. Teknik yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik non tes yang dilakukan secara sistematis untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring bagi siswa. Alat yang di gunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam pembelajaran daring bagi siswa pada masa pandemi Covid-19 dapat disimpulkan dari 15 responden bahwa orang tua dalam pembelajaran daring: 1. Sebagai pembimbing, memberikan pendampingan kepada anaknya dalam proses pembelajaran daring. 2. Sebagai motivator, dimana orang tua memberikan semangat, dorongan dan reward atau hadiah. 3. Sebagai fasilitator, menyediakan media smartphone, menyediakan kuota jaringan internet, tempat belajar yang nyaman. Hal ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring memiliki pengaruh besar terhadap pencapaian belajar anak.

References

Afriansyah. (2016). Tingkat Kepuasan Member Fitness Terhadap Pelayanan di Tempat Kebugaran Balai Kesehatan Olahraga dan Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (BKOR-PIIPM) Kabupaten Lumajang. Jurnal Kesehatan Olahraga Universitas Negeri Surabaya. Vol. 6, No. 2, hal. 370-377.

Azizah, Laela Khonaatul. (2020). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 2 Madiun Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam Skripsi. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Fitrawahyudi, F., & Kasmawati, K. (2019). Kemampuan Bahasa Daerah Usia 17-22 Tahun. Jurnal Idiomatik, 2(2), 75-82.

Khalimah, Siti Nur. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Peraturan Walikota Makassar Nomor 22 Tahun 2020 Tanggal 17 April 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Wulandari, dan Kristiawan. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Universitas PGRI Palembang. Vol. 2, No. 2, hal. 290-303.

Yolanda, Sisca. (2020). Problematika Guru dalam Pelaksanaan Kelas Daring (Online) Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi. Dalam Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 (S. M. A. Barkah, Trans.). (2021). Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 52-56. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i2.1174