Efektivitas Pembelajaran Berbasis E-Learning dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa SMAN 8 Maros
DOI:
https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i2.1173Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Berbasis E-Learning, Keaktifan BelajarAbstract
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif proses pembelajaran berbasis e-learning dalam peningkatan keaktifan belajar siswa SMAN 8 Maros. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni angket sebagai untuk memperoleh data primer dan wawancara serta dokumentasi untuk mendapatkan data penunjang. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis e-learning di SMAN 8 Maros berdasarkan indikator keaktifan belajar siswa yaitu kurang efektif. Hal ini ditunjukkan dari beberapa aspek yaitu perhatian siswa yang tidak mengalami peningkatan, kurangnya aktivitas pembelajaran yang meningkatkan kerja sama antar siswa maupun kelompok dalam proses pembelajaran berbasis e- learning, aspek kedisiplinan yang mengalami penurunan, sedangkan pada aspek mengemukakan gagasan pada siswa yang cenderung pemalu saat pembelajaran langsung, serta aspek metode dan pemanfaatan fasilitas pembelajaran kurang efektif karena hanya mengandalkan fasilitas media sosial seperti Whastapp.
References
Fitrawahyudi, F., & Fadli, I. (2021). Toponim di Kabupaten Maros (Fokus: Terapan dalam Pendidikan Kearifan Lokal). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 684-691.
Fitrawahyudi, F., & Kasmawati, K. (2019). Kemampuan Bahasa Daerah Usia 17-22 Tahun. Jurnal Idiomatik, 2(2), 75-82.
Haryadi, R., & Janna, R. (2020). Pembelajaran Daring Fisika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan. 4 (2), 264 - 268.
Kurniawati, Chintya. (2017). Pengaruh keaktifan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Kanisius Kalasan. Skripsi dipublikasikan. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Nurdin, & Munzir. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 6 No. 3, hal 247-254.
Purwadi, Dicky M. (2014). Pengaruh Pemahaman Tentang Proses Pembelajaran Dan Model Penilaian Terhadap Kesiapan Dalam Menerima Kurikulum 2013 Pada Guru Di SMA Negeri 1 Polanharjo Tahun 2014. Naskah Publikasi. Surakarta: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Setiawan, Parta. (2020). Pengertian E-learning – Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, Jenis, Komponen, Para Ahli. Diunduh di https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/. Tanggal 30 Desember 2020.
Siregar, Eveline., Nara, Hartini., & Jamaludin, Asep. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Solikha, Suchainah, & Rasyida. (2020). Efektivitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11 (1), 31–42.
Supardi. (2015). Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi. Jurnal Formatif, 2 (2), hlm. 111-121.
Winataputra, S., & Ratnaningsih D. (2006). Belajar dan Pembelajaran Tinggi Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.