Ketepatan Penggunaan Diksi dalam Media Berita Online Reaksipress di Kabupaten Maros

  • Baharuddin Lagasa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Muhammad Ali Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Irwan Fadli Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
Keywords: Analisis Ketepatan Diksi, Media Berita Online, Reaksipress Maros

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan serta menganalisis ketepatan diksi yang digunakan di dalam media berita online Reaksipress di Kabupaten Maros. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan dengan teknik analisis isi, yaitu membaca keseluruhan isi berita lalu menandai jenis diksi yang ditemukan sesuai dengan teori yang digunakan, kemudian diksi yang telah ditemukan akan dikelompokkan ke dalam sebuah tabel beserta keterangan nama atau jenis diksi dan tanggal rilisnya. Diksi yang dianggap kurang tepat akan diperbaiki ketepatannya agar sesuai ke dalam konteks kalimat berita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan sebanyak 37 data yang terbagi ke dalam 8 jenis diksi yaitu 7 kata ilmiah, 6 kata umum, 5 kata khusus, 4 kata asing, 5 kata serapan, 5 kata konotatif, 3 kata sinonim dan 2 kata nonbaku. Ketidaktepatan diksi yang ditemukan ada 11, yang terdiri dari tiga ketidaktepatan penggunaan kata ilmiah, satu ketidaktepatan penggunaan kata umum, satu ketidaktepatan penggunaan kata asing, satu ketidaktepatan penggunaan kata konotatif, dua ketidaktepatan penggunaan kata sinonim, satu ketidaktepatan penggunaan kata serapan dan dua ketidaktepatan penggunaan kata nonbaku.

References

DAFTAR PUSTAKA

Badudu, J.S. (1988). Inilah Berbahasa yang Benar. Jakarta: PT. Gramedia.

KBBI V. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Luar Jaringan (Offline). Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

Keraf, Gorys. (1996). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wikipedia Bahasa Indonesia dalam Jaringan (Online). (2020). Media Berita. Diunduh di http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sinonim. tanggal 19 Juli 2020.

Published
2021-06-29
How to Cite
Lagasa, B., Ali, M., & Fadli, I. (2021). Ketepatan Penggunaan Diksi dalam Media Berita Online Reaksipress di Kabupaten Maros. Jurnal Idiomatik, 4(1), 21-28. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i1.999