PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI MATA KULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA

  • Muh. Anas STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: Hasil Belajar Mahasiswa, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah Zoologi Invertebrata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment).Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikanBiologi semester tiga kelas A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning dan mahasiswa pendidikan Biologi semester tiga kelas B yang diberi perlakuan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 7 item yang telah divalidasi.Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol sebesar 70.Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Levene Test, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed = 0.000) dan ½ α = 0,025, maka Sig (2-tailed) = 0,000 < ½ α = 0,025. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi semester tiga    kelas A.

References

Abdullah, Sani ridwan.2014. Pembelajaran Sainifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin & Wahyuni Esa Nur.2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Dahar Ratna, Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasmirah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Koordinasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTwo Stay Two Stray (TSTS) Siswa KelasXI IPA 3 SMAN 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Maros: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros.

Mustofa, Bisri. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Dua Satri Offset.

Neliana, Nia. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bandar Lampung.

Putera, Ida Bgs Nym Semara. 2012. Implementasi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Intelligence Quotient (IQ). Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Priadi, Arif dan Yanti Herlanti. 2016. Biologi. Jakarta: Yudhistira.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Purnama. 2017. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Bandung: Angkasa.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sylvia, Anna. Dkk. 2009. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Katalogis, Volume 5, Nomor 4, hal. 9-20.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thobroni, Muhammad. 2016. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Published
2018-09-09
How to Cite
Anas, M. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI MATA KULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA. Jurnal Binomial, 1(1), 35-49. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/172