HUBUNGAN EFEKTIVITAS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF TIPE SHARED DAN TIPE THREADED TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • Seprianus Atambi STKIP Pembangunan Indonesia
  • Sapinah Pinah STKIP Pembangunan Indonesia
  • Muh. Anas STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: Tipe shared, Tipe threaded, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri Mainang pada Kelas VII untuk melihat data hasil belajar Biologi ( IPA ). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Nonequivalent Grup Control Design.  Hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran model pembelajaran tipe shared diperoleh rata-rata pretest yaitu 41,52 (kategori rendah) sedangkan rata- rata nilai posttest yaitu 76,12 (kategori tinggi) dengan besar peningkatan hasil belajar 82%. Hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran model pembelajaran tipe threated diperoleh rata-rata nilai pretest yaitu 38,76  (kategori rendah), sedangkan rata-rata posttest yaitu 79,92 (kategori tinggi) dengan besar peningkatan rata-rata hasil belajar Biologi 88%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa nilai yaitu 0,042 < 0,05. Kesimpulan yang diambil adalah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi yang signifikan antara siswa kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2, Sehingga dilanjutkan dengan uji efektifitas diperoleh dari hasil analasis bahwa > 1(1,49 > 1) maka secara relatif penerapan pembelajaran dengan Model integrated tipe threated lebih efektif dari model pembelajaran tipe shared terhadap hasil belajar Biologi kelas SMP Negeri Mainangn Kabupaten alor.

References

Amini, R. (2015). Outdoor Based Environmental Education Learning and Its Effect in Caring Attitude Toward Environment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 43– 47. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3500.

Amri & Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Ardani, M. (2014). Pengaruh Model Kooperatif TGT berbantuan media Question Card terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol. 2, No.1 (http:/doi.org/10.23887/jisd.v5i3 diakses 01 oktober 2017)

Arikunto, S (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakri, S (2005). Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Bhakti, Yoga Budi & Astuti, Irnin Agustina Dwi. (2018). “The Influence Process of Science Skill and Motivation Learning with Creativity Learn”. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12 (1). https://dx.doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.6912.

Dayanti, N. (2018). Penerapan Pendekatan Environmental Learning Pada Tema Sehat Itu Penting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Min 11 Banda Aceh [UIN Ar-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3316

Dimiyati, M. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, A. (2017). “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Lantanida Journal, 5 (2). http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasan, M.Iqbal. (2012). Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statisik Inferensial) edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Idmal, Novira Sagita & Wahyuni, Sri. (2019). “Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Barebbo Kabupaten Bone”. Jurnal Biotek, 2 (2) https://doi.org/10.24252/jb.v7i2.11370.

Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S. D. (2013). Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter pada Tema Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 183–188. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2721.

Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 430–450. https://media.neliti.com/media/publications/120796-none-acfb4625.pdf.

Mustakim, I. (2016). “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13 (2). http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.

Nikmah. S, Nuroso. H, & Reffiane. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol 2 No 2 ; hal 264-271. DOI:10.23887/jp2.v2i2.17920.
Published
2021-09-27
How to Cite
Atambi, S., Pinah, S., & Anas, M. (2021). HUBUNGAN EFEKTIVITAS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF TIPE SHARED DAN TIPE THREADED TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Binomial, 4(2), 125-139. https://doi.org/10.46918/bn.v4i2.1062