PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MID (MEANINGFUL INTRUCTIONAl DESIGN )

Penulis

  • Muh. Anas STKIP Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.474

Kata Kunci:

Model MID (Meaningful Instructional Design), Aktivitas dan hasil belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui pengajaran dan pembelajaran model MID (Meaningful Instructional Design) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Harapan Bhakti Makassar. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan didukung dengan analisis kuantitatif dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan  aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 60,50% dan siklus ke II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 79,34%. Sehingga besar rata-rata peningkatan aktivitas belajar siswa adalah 18,84% Begitu pula dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 66 dan siklus II sebesar 83 dengan besar peningkatan 17 dan peningkatan frekuensi dan ketuntasan hasil belajar dari siklus I (pertama) ke siklus II (dua). Pada siklus I siswa yang tidak tuntas berjumlah 19 orang dengan persentase 52,78% sedangkan yang tuntas 17 orang dengan persentase 47,22%. Pada siklus II siswa yang tidak tuntas berjumlah 0 orang dan yang tuntas berjumlah 36 orang siswa dengan persentase 100%. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model MID (Meaningful Instructional Design) dalam proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan harapan dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Harapan Bhakti Makassar.

Referensi

Anonim. 1991. Pengolahan hasil-hasil peternakan. Jakarta: Departemen Pertanian.
Anonim, 2009. “pupuk organik”. http://nasih.staf.ugm.ac.id/p/007%20 p%20 o.htm
Bahctiar E. 2006. Ilmu Tanah Medan. Fakultas Pertanian USU.
Baroroh Annisa’ul, Prabang S, Ratna S. 2015. “Analisis Kandungan Unsur Hara Makro Dalam Kompos Dari Serasah Daun Bambu dan Limbah Padat Pabrik Gula (Blotong). Bioteknologi 12(2):46-51,ISSN: 0216-6887, EISSN: 2301-8658, DOI: 10.13057/biotek/c120203. FMIPA Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Hariantik. 200. “Perbandingan Unsur NPK pada Pupuk Organik Kotoran Sapi dan Kotoran Ayam dengan Pembiakan Mikro Organisme Lokal (MOL)”. https://www.neliti.com/id/publications/173296/perbandingan-unsur-npk-pada-pupuk-organik-kotoran-sapi-dan-kotoran-ayam-dengan-p.
Hapsari AY. 2013. Kualitas dan Kuantitas Kandungan Pupuk Organik Limbah Serasah dengan Inokulum Kotoran Sapi Secara Semianaerob. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Lakitan, B. 2007, Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Marsono dan P, Sigit. 2002. Pupuk akar, jenis dan aplikasi. Jakarta: Penebar Swadaya.
Maryanto dan Abdul Rahmi. 2015. Pengaruh Jenis Dan Dosis Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Tomat (Lycopersicum Esculentum Mill) Varietas Permata. Jurnal AGRIFOR, Volume XIV Nomor 1. ISSN : 1412–6885
Novia N. 2015. “Pengaruh Dosis Pupuk Kandang Kotoran Sapi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Ubi Jalar (Ipomea balatas L.). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang.
Panjaitan. 2010. Petunjuk Praktis Pengukuran Ternak Sapi Potong. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Balai Besar Pengkaji Dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB: Mataram.
Rahman. HN. 2018. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Hasil Fermentasi Air Kelapa Dan Air Tajin Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum L.). Skripsi. Maros: Program Studi Pendidikan Biologi. FKIP UMMA.
Salmia. 2018. pengaruh Pemberian Pupuk Organic Kotoran Sapi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Terung (Solanum Melongena.L) Di Desa Bonto Tallasa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Skripsi. Maros: Program Studi Pendidikan Biologi. FKIP UMMA.
Siti N. 2017. Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum mill) F1 Hasil Induksi Medan Magnet Yang Diinfeksin Fusarium axysporum f.sp. skripsi. Lampung : FMIPA Universitas Lampung.
Syukur, A. 2006. Pengaruh Pemberian Bahan Organik Terhadap Sifat Tanah. Jurnal Ilmu Tanah Dan Lingkungan
Winarso, S. 2003. Kesuburan Tanah. Yogyakarta: Gava Media.
Arikunto. 2005. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris,Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dan kurikulium 2013. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Media.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Media.
Gagne,R.M. 1984. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Terjemahan Munandir 1989. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.
Gagne dan Briggs. 1979. Pengertian Pembelajaran. Http://WWW.Scribd. Com/doe/50015294/13/B-pengertian-pembelajaran-menurut-beberapa-ahli (diakses pada tanggal 8 juni2017).
Hilgard,E.R. 1962. Instroduction to psychology. New York: Harcourt , Brace dan World, Ine.
Lie. 2000. Coperativ Learning (Menperaktikan Cooperative Learning diruang- ruang Kelas). Jakarta:PT Gramedia Widiasarana.
Muhammad Surya . 1997. Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.
Pramudiani. 2007. Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Komunikasi Mtematik Clalui The Meaningful Instructional Desing Model (The Mid Model).
Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Soekamto.1992. Teori Belajar dan model–model pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Sunarto. 2009. Pengertian dan Penerapan Metode MID.Jakarta : Balai Pustaka
Witherington. 1952. Kecakapan Belajar Siswa. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Diterbitkan

2020-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MID (MEANINGFUL INTRUCTIONAl DESIGN ). (2020). Jurnal Binomial, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.474