PENGEMBANGAN ASSESSMEN KETERAMPILAN PRAKTIKUM BOTANI TINGKAT RENDAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat assesmen keterampilan yang valid dan praktis pada mata kuliah Botani Tingkat Rendah di Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian yaitu research and development (R & D). Model pengembangan yang dipakai pada penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima langkah, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil penilaian validator, tingkat kevalidan assessmen keterampilan praktikum botani tingkat rendah yaitu dengan nilai rata-rata total kevalidan 3,74 (3,5 ≤ V ≤ 4,0) yang berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian respon asisten dan dosen maka tingkat kepraktisan assessmen keterampilan praktikum botani tingkat rendah berada pada kategori praktis dengan nilai 3,56 (3,0 4) untuk respon asisten dan 3,56 (3,0 4) untuk respon dosen yang berada pada kategori sangat positif. Hal ini menunjukkan bahwa assesmen keterampilan pada mata kuliah Botani Tingkat Rendah di Laboratorium Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar ini layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, dan praktis.
References
Amri. (2016).“Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA”. Jurnal Biotek. Vol. 4 No. 1 Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin. Doi: https://doi.org/10.24252/jb.v4i1.1772
Ahmad, Ali, Hamansah, & Lidya, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Anatomi Dan Fisiologi Tumbuhan Disertai Mindmapuntuk Meningkatkan HOTS mahasiswa. Jurnal Binomial Volume 5 Nomor 1, Maret 2022. DOI: https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1210
Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gafur, Abdul. (2012). Desain Pembelajaran Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian dan Pengembangan (Development Research). Jember: FKIP Universitas Jember.
Haviz, M. (2013). “Research and Development, Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna”, Jurnal Ta’dib, Vol. 16, No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Krisna, Merdekawati. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Praktikum Kimia Fisika”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.20. No.1. Yogyakarta. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/download/16592/pdf
Mukminati Nur, Sri. (2015). “Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotorik Pada Peserta Didik”. jurnal Biotek. Vol. 3. No. 1 Makassar: STKIP-PI. https://doi.org/10.24252/jb.v3i2.1103
Murti, W., Maya, S., & Lestari, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Pedoman Praktikum Ekologi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Binomial, 5(1), 13-24. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1240
Nurhidayat. (2017).“Pengembangan Perangkat Asesment Praktikum Anatomi Fisiologi Tumbuhan Berbasis Keterampilan Proses Sains Jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar” Skripsi Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.
Novitasari, Saefa dan Lisdiana, (2017) “Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif dan Psikomotorik pada Mata Kuliah Praktikum Struktur Tubuh Hewan”, Jurnal Pendidikan Biologi, Volume 4 Nomor 1. https://docplayer.info/37261326-Unnes-journal-of-biology-education
Pribadi, Benny. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
Qalbiah, Basri. St. Syamsudduha, dan Ainul Uyuni Taufiq. (2017). “Pengembangan Penilaian Kinerja Teknik Peer Assessment pada Pembelajaran Biologi Kelas XI di MA Madani Alauddin”. Jurnal Biotek. Vol.5 No.2. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. DOI : https://doi.org/10.24252/jb.v5i2.4277
Rosadi, Endang. (2018).”Pengembangan Asesmen Praktikum Mikrobiologi Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros”. Jurnal Biologi. Makassar: Universitas Negeri Makassar. https://ojs.unm.ac.id/UJBE/issue/view/800
R, Irmayani. (2018).”Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Struktur Tumbuhan Tingkat Tinggi Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”. Skripsi. Makassar.
Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitaif Instrument Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rohman, Muhammad dan Sofan A, (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Santih, Anggraeni, (2012). “Pengembangan Asesmen Kinerja Untuk Mengakses Keterampilan Proses Sains Mata Kuliah Fisika Dasar Calon Guru Fisika UIN Alauddin Makassar”. Thesis. Makassar: PPS UNM.
Susanti, Susi. (2017).”Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Biologi Kelas XI SMA Negeri 3 Sungguminasa”. Skripsi. Makassar.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.