PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

  • Wiwin Pramita Arif Universitas Muslim Maros
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe TGT, aktivitas dan hasil belajar Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah 37 orang siswa kelas XI IPA6 SMA Negeri 12 Makassar pada semester genap  2010/2011. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkatkan hasil, dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA6 SMA Negeri 12 Makassar. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu, (1) rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 59,95 menjadi 75,05 dan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari 48,65% menjadi 78,38% . (2) aktivitas siswa menunjukkan peningkatan yakni siswa menyimak penjelasan guru, aktif dalam kegiatan diskusi, menjawab seluruh pertanyaan turnamen dengan cepat dan benar, dan memberi tanggapan saat turnamen menunjukkan adanya peningkatan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA6 SMA Negeri 12 Makassar.

References

Ernawati, E., & Nasir, A. M. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Nasir, A. M., Upu, H., Ihsan, H., & Maros, D. S. Y. Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP.

Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Romadhon, S. A., & Qurohman, M. T. 2017. The Advantages of Youtube to Enhance Student’s Vocabulary In Mechanical Engineering Classroom. Wiralodra English Journal, 1(1), 14-20.

Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif Berorientasi-Progresif. Jakarta: Kencana.

Published
2018-09-08
How to Cite
Arif, W. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). Jurnal Binomial, 1(1), 11-34. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/171