PENGARUH PENGGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DAN MEDIA POWER POINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v4i2.1058Keywords:
Augmented Reality, PPT, Motivasi BelajarAbstract
Indonesia mengalami perubahan yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Hal ini disebabkan adanya wabah virus Covid-19 sehingga menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan secara online yang pada akhirnya mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dan media Power Point pada materi virus kelas X IPA SMA Negeri 2 Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen. Desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian yakni kelas eksperimen 1 (X IPA 2) sebanyak 25 peserta didik dan kelas eksperimen 2 (X IPA 3) sebanyak 25 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Augmented Reality sebesar 65,76% sedangkan rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Power Point sebesar 58,12%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan (0,004 < 0,05) menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Augmented Reality dan media Power Point pada materi virus kelas X IPA SMA Negeri 2 Jeneponto.
References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2 Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Akcakin, V. (2018). “Teaching Mathematical Functions Using Geometric Functions Approach and Its Effect on Ninth Grade Students’ Motivation”. International Journal of Instruction, 11 (1): 18-31. https://eric.ed.gov/?id=EJ1165208
Bhakti, Yoga B, Astuti, I & Agustina D. (2018). “The Influence Process of Science Skill and Motivation Learning with Creativity Learn”. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12 (1): 30-43. https://dx.doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.6912
Bafadhol, I. (2017). “Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Islam, 6 (11), 61-74. https:// doi/10.30868/ei.v6i11.95
Emda, A. (2017). “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Lantanida Journal, 5 (2): 175-186. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Febrianti, R & Sumbawati, M. S. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Kompetensi Dasar Memahami Rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter Kelas X SMK Negeri 2 Surabaya”. Jurnal IT-Edu, 1 (1): 49-62. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/16491
Goulimaris, D. (2015). “The Relation Bettween Distance Education Students’ Motivation And Satisfaction”. Turkish Online Journal Of Distance Education-TOJDE, 16 (2): 15-25 https://doi.org/10.17718/tojde.50678
Hamdu, G & Agustina, L. (2011). “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1): 91-102. https://www.academia.edu/download/35968572/8
Husamah, dkk. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Idmal, Novira, S & Wahyuni, S. (2019). “Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Barebbo Kabupaten Bone”. Jurnal Biotek, 2 (2): 149-160. https://doi.org/10.24252/jb.v7i2.11370
Iskandar, Y. (2018). Buku Ajar Pengantar Aplikasi Komputer”. Yogyakarta: Deepublish.
Istiana, R dkk. (2021). “Video 3D Hologram dan potensinya untuk menumbuhkan hots pada pembelajaran Biologi”. Jurnal Al-Ahya, 3 (1).1-14. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v3i1.17555
Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint. Yogyakarta: Deepublish.
Kamiana, K A., dkk. (2019). “Pengembangan Augmented Reality Book sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android”. KARMAPATI, 8 (2): 6-7.http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351
Karmila, N. (2017). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Minat Belajar Fisika SMA Negeri 10 Bulukumba”. Skripsi. Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3064
Lin Ming-Hung dkk. (2017). “A Study of The Effects of Digital Learning on Learning Motivation And Learning Outcome”. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13 (7). 3556.https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Medico, B D. (2020). Coronavirus Covid-19. Membela Diri. Cara Menghindari Penularan. Bagaimana Melindungi Keluarga dan Pekerjaan Anda. Sabaudia: LT.
Mesliles, M. I., dkk. (2017). “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virus dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA (Studi Kasus: SMA Negeri 7 Pontianak)”. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 5 (2). 84-99. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/18515
Murti, W & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students' Motivation And Learning Outcomes, Jurnal Lentera, 24 (2), 255-263. Doi: https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8.
Mustakim, I. (2016). “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13 (2): 175-186. http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Mustaqim, Ilmawan & Kurniawan, N. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality”. Jurnal Edukasi Elektro, 1 (1): 7-14. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Nirwan, T. S., dkk. (2016). “Hubungan Antara Kesiapan Mental dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi”. Jurnal Biotek, 4 (1). 35-48. https://doi.org/10.24252/jb.v4i1.1771
Prasetya, Septian D & Anistyasari, Y. (2020). “Studi Literatur Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Markeless Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal IT-EDU, 5 (1). 472-187. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37933.
Prasetyo, D dkk. (2020). “Perbandingan Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik Sekolah Full Day dengan Sekolah Regular”. Jurnal Al –Ahya, 2 (1). 54-68 https://doi.org/10.24252/al-ahya.v2i1.11369
Pratama, G Y. (2018). “Analisis Penggunaan Media Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Konsep Bentuk Molekul”. Skripsi. Jakarta: Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38916.
Putri, W. M., dkk. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Alat Optik”. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), V. 84. https://doi.org/10.21009/0305010218.
Rahma, Fahmawati I & Jamuin, M. (2012). “Peran Pendidik dalam Sistem Pendidikan”. SUHUF, 24 (1): 53-65.
Rahmi, M.. S. M., dkk. (2019). “Macromedia Flash Interaktive Learning Media Development 8 on the Thematic Learning My Experience Theme”. International Journal of Elementary Education 3, (2). 179. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18524.
Santri, N, F. (2017). “Hubungan Kompetensi Pedagogik dengan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Watampone”. Jurnal Biotek, 5 (1). 241-259. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3462
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. XXII; Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Setiawan, E. (2018). “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTS N 1 Lampung Selatan”. Skripsi. Lampung: Fak.Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/4716
Shatte, A dkk. (2014). “Hand-held Mobile Augmented Reality for Collaborative Problem Solving; A Case Study with Sorting”. International Conference on System Science. 1 (1): 91-110. https://doi.org/10.1109/HICSS.2014.20
Tekedere, H & Goker, H. (2016). “Examining the Effectiveness of Augmented Reality Application in Education: A Mate-Analysis”. International journal Of Environmental & Science Educationl, 11 (16): 9470. https://eric.ed.gov/?id=EJ1118774
Zulfahmi, M. (2020). “Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa”. Jurnal IT-EDU, 5 (1): 340-357. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37491