PROFIL CRITICAL THINKING SKILLS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI TERNATE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Astuti Muh Amin IAIN Ternate
Keywords: Biologi, Critical Thinking Skills

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan oleh seseorang dalam mencapai keberhasilan hidupnya di abad 21. Keterampilan berpikir kritis penting bagi mahasiswa, karena mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dapat menjadi konsumen sains yang kritis sehingga dapat menanggapi serta mengikuti berbagai perkembangan yang terjadi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis sejauhmana keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi Ternate pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi di kota Ternate, Maluku Utara. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi di IAIN Ternate berjumlah 65 orang. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pemberian tes, melakukan observasi dalam pembelajaran di kelas, pemberian angket. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes essai yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis calon guru biologi berada pada kategori sangat kurang. Informasi ini memberikan informasi kepada pendidik khususnya pendidik di IAIN Ternate untuk berupaya memberdayakan model pembelajaran aktif dan inovatif yang menstimulasi dan mengasah keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi.

References

Amin, A. M., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2020). The Correlation between Metacognitive Skills and Critical Thinking Skills at the Implementation of Four Different Learning Strategies in Animal Physiology Lectures. European Journal of Educational Research, 9(1), 143–163. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.143

Amin, Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2017). Identifikasi Kemampuan Bertanya dan Berpendapat Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan. Bioedukasi, 15(1), 24–31.

Anderson, L. ., & Krathwohl, D. . (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. Addison Wesley Lonman Inc.

Antika, L. ., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2017). Hubungan Antara Critical Thinking skill dengan Learning Outcomes Biologi dengan Model Reading-Concept Map-Think Pair Share (Remap TPS). Science Education National Conference. Madura: Universitas Islam Madura Pamekasan.

Azizah, N., Mahanal, S., Zubaidah, S., & Setiawan, D. (2020). The Effect of RICOSRE on Students ’ Critical Thinking Skills in Biology. AIP Conference Proceedings, 2215, 0300, 1–6. https://doi.org/10.1063/5.0000562

Bustami, Suarsini, E., & Ibrohim. (2019). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa da. Jurnal Bioedukatika, 7(1), 59–66. https://doi.org/doi.org/10.26555/bioedukatika.v7i1.9965

Bustami, Y. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran JIRQA terhadap Kemampuan Kognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Sikap Sosial Mahasiswa Multietnis pada Perkuliahan Zoologi di STKIP Persada Khatulistiwa. Universitas Negeri Malang.

Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The Implementation of Contextual Learning to Enhance Biology Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451–457. https://doi.org/https:// doi.org/10.15294/jpii.v7i4.11721.

Corebima, A. (2016). Pembelajaran Biologi di Indonesia Bukan untuk Hidup. Proceeding Bology Education Conference, 8–22.

Della, L., & Syamsurizal, S. (2021). The Effectiveness of PBL-Based LKPD for Empowering the Senior High School Student’s Critical and Creative Thinking Skills. 04(07), 1776–1784. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i7-29

Farcis, F., Studi, P., Fisika, P., Raya, U. P., & Raya, P. (2019). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya Dalam Proses Analisis Artikel Ilmiah. Jurnal Jejaring Matematika Dan Sains, 1(1), 52–58.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Erlangga.

Gunawan, Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226–235.

Iman, J. N., & Angraini, N. (2019). Discussion Task Model in EFL Classroom: EFL Learners’ Perception, Oral Proficiency, and Critical Thinking Achievements. Pedagogika, 133(1), 43–62. https://doi.org/https://doi.org/10.15823/p.2019.133.3

Kaddoura, M. A. (2011). Critical Thinking Skills of Nursing Students in Lecture-Based Teaching and Case-Based Learning. International Journal for the Scholarship of Teaching & Learning, 5(2), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.20429/ijsotl.2011.050220.

Liliasari. (2005). Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia melalui Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia dalam Pendidikan IPA.

MacKnight, C. B. (2000). Teaching Critical Thinking through Online Discussions. Educause Quarterly, 23(4), 38–41.
Mahanal, S., Zubaidah, S., Bahri, A., & Dinnurriya, M. S. (2016). Improving Students ’ Critical Thinking Skills through Remap NHT in Biology Classroom. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, 17(2), 1–20.
Muhibbuddin, Ulfah, S., Safrida, & Nurmaliah, C. (2020). The Implementation of Science-Based Module in Improving Student’s Critical Thinking Skills and Learning Outcomes in State Senior High School in Southwest Aceh District. Proceedings of SOCIOINT 2020- 7th International Conference on Education and Education of Social Sciences, 286–292.

Nuraini, N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 89–96.

Ping, I. L. L., Halim, L., & Osman, K. (2020). Explicit Teaching of Scientific Argumentation as an Approach in Developing Argumentation Skills, Science Process Skills and Biology Understanding. Journal of Baltic Science Education, 19(2), 276–288.

Pradana, S. D. S., Parno, P., & Handayanto, S. K. (2017). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Optik Geometri untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 51. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.13139.

Rasmawan, R. (2017). Profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa dan korelasinya dengan indeks prestasi akademik. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 130–140.

Shakirova, D. M. (2007). Technology for the Shaping of College Students’ and Upper-Grade Students’ Critical Thinking. Russian Education & Society, 49(9), 42–52.

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Epselon Journal, 50(2), 90–99.

Tamam, B., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Suarsini, E. (2021). An Investigation of Rural-Urban Students’ Critical Thinking in Biology Across Gender. Pedagogika/Pedagogy, 142(2), 200–217. https://doi.org/https://doi.org/10.15823/p.2021.142.11 Pedagogika

Weissinger, P. A. (2004). Critical Thinking, Metacognition, and Problem-based Learning. Enhanching Thinking through Problem-based Learning Approaches. International Perspectives. Cengage Learning.

Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mistianah. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Tes Essay. Proceeding of Symposium on Biology Education, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 200–2013.
Published
2022-09-11
How to Cite
Amin, A. (2022). PROFIL CRITICAL THINKING SKILLS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI TERNATE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Binomial, 5(2), 95-104. https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1393

Most read articles by the same author(s)