Komunikasi Pariwisata dalam Pengembangan Destinasi Agrowisata Pucak Teaching Farm, Desa Pucak, Kabupaten Maros

Authors

  • Andi Muttaqin Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Idris Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46918/idiomatik.v7i1.2304

Keywords:

Komunikasi Pariwisata, Sadar Wisata, Agrowisata

Abstract

Pengembangan pariwisata bertujuan untuk memfokuskan kembali, merencanakan dan menerapkan kebijakan yang mendorong pengembangan sumber daya alam untuk memberi manfaat bagi masyarakat adat dan pemangku kepentingan lainnya yang mencakup pemerintah, industri, masyarakat dan para pengunjung itu sendiri. Oleh karena itu, komunikasi menjadi sangat penting untuk keberhasilan pengembangan sebuah destinasi wisata. Kebijakan komunikasi pengembangan destinasi wisata membutuhkan partisipasi aktif masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi Pariwisata dalam Pengembangan Destinasi Agrowisata Pucak Teaching Farm, Desa Pucak, Kabupaten Maros. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menguraikan bahwa komunikasi pariwisata dengan membentuk masyarakat/Kelompok sadar wisata yang menjadi pendamping dan menjadi jembatan bagi iklim pariwisata khususnya di Pucak Teaching Farm yang ada di kabupaten Gowa.

References

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata (TOURISM COMMUNICAION):Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: PT Aditya Andrebina Agung.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryato dan Mulio Rahardjo. 2016. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Gava Media. Fandeli,

Chafid. 2005. Dasar-dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Liberty Offset.

Kusmayadi dan Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Marpaung,

Happy. 2007. Pengetahuan Kepariwisataan. Jawa Barat: Alfabeta.

MBA, Drs. Musanef. 2000. Manajemen Usaha Pariwisata di Indonesia. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.

Morissan. 2009. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyana, Deddy dan Solatun. 2013. Metode penelitian komunikasi: contoh- contoh penelitian kualitatif dengan pendekatan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pendit, Nyoman S. 2002. Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Prasetyo, Andjar dan Mohammad Zaenal Arifin. 2018. Pengelolaan Destinasi Wisata yang Berkelanjutan dengan Sistem Indikator Pariwisata. Jakarta: Indoca

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Komunikasi Pariwisata dalam Pengembangan Destinasi Agrowisata Pucak Teaching Farm, Desa Pucak, Kabupaten Maros (A. Muttaqin & M. Idris, Trans.). (2024). Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 24-33. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v7i1.2304