Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Materi Turunan

  • Hajerina Hajerina Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Alkhairaat
  • Indah Suciati Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Alkhairaat https://orcid.org/0000-0002-9962-2293
  • Wahyuni H. Mailili Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Alkhairaat
Keywords: Analisis Kesalahan, Kalkulus Diferensial, Turunan

Abstract

Penelitian deskriptif eksploratif dengan metode campuran digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Diferensial dalam menyelesaikan soal turunan. Populasi penelitian ialah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Alkhairaat semester I Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 25 orang, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Subjek penelitian sebanyak 8 mahasiswa dipilih berdasarkan hasil tes diagnostik untuk diwawancarai terkait kesalahan pada soal turunan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes diagnostik, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan dua cara, yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan model interaktif Miles & Huberman dan analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil temuan memperlihatkan bahwa kesalahan konsep dilakukan sebesar 47 %, kesalahan prinsip 32%, dan kesalahan prosedur 21%.

References

Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.300

Evianti, N., Jafar, & Masi, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs. Negeri 2 Kendari Dalam. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 138–149.

Hasanah, H. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Jurnal InTent, 2(1), 76–84.

Hidayat, R., & Nurrohmah. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM, 9(1), 12–19. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/975

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1290

Siswandi, E. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Materi Persamaan Diferensial Berdasarkan Metode Newman Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 61–67.

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Pengawu. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760

Sugita, G. (2021). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Semester I Dalam Menyelesaikan Soal Turunan. Aksioma, 10(2), 75–92. https://doi.org/10.22487/aksioma.v10i2.1369.

Published
2022-06-05
How to Cite
Hajerina, H., Suciati, I., & H. Mailili, W. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Materi Turunan. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24-33. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1238