Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Permainan Lego Math pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Permainan, Lego Math, Operasi Perkalian Bilangan BulatAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana permainan lego math dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi perkalian bilangan bulat pada siswa kelas III B SDN Pengawu Tahun Ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, pemberian tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III B SDN Pengawu mengalami peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi operasi perkalian bilangan bulat, dengan peningkatan masing-masing sebesar 10,5% dan 14,75%. Metode ini juga meningkatkan ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal masing-masing sebesar 23,8% dan 9,4%. Adapun langkah-langkah permainan Lego Math dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis, yaitu: (1) meninjau permainan Lego Math, (2) menjelaskan prosedur dan aturan permainan, (3) mengatur siswa secara berkelompok, (4) memberikan kartu soal dan Lego, serta (5) memulai permainan.
References
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403
Imelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2014). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung campuran Bilangan Bulat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2), 1–13. http://www.researchgate.net/publication/313058147
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Noge, M. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis E-Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP. Journal of Education Technology, 2(1), 13. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801
Nuraeni, N., Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Siswa MTs. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 975. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2014). Indikator Pemahaman Konsep. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93–102. https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1284
Suciati, I. (2010). Penerapan Gaya Belajar Model Kolb untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Palu. Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Tadulako, Palu.
Suciati, I. (2018). Penggunaan Media Kartu Metode Piramida pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i1.928
Sugiatno. (2013). Konsepsi Siswa Mengenai Operasi Hitung Bilangan Bulat di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 45–57. http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/61
Wulandari, A. E., & Darminto, B. P. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Ekuivalen, 24(2), 124–129.
