Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di MA DDI Alliritengae melalui Program Kemahiran Mengajar

Penulis

  • Zul Astri Universitas Muslim Maros
  • Nurul Fachrunnisa Universitas Muslim Maros
  • Isnaeni Wahab Universitas Muslim Maros
  • Rizka Aulia Sabila Universitas Muslim Maros
  • Nurul Fiqrayanti Universitas Muslim Maros
  • Fatimah Azzahrah Universitas Muslim Maros
  • Adnan Universitas Muslim Maros
  • Andi Nur Anugrah Bauzad Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/lestari.v3i2.3008

Kata Kunci:

Teaching Proficiency Program, community service, teaching practice

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MA DDI Alliritengae melalui kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam Program Kemahiran Mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan pada September–Oktober 2025 dengan melibatkan guru dan siswa di sekolah mitra. Dosen berperan sebagai pembimbing akademik yang mengarahkan mahasiswa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di kelas. Mahasiswa bertindak sebagai asisten guru dalam mengajar, mengelola kelas, serta menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kegiatan ini tidak berfokus pada pada pendampingan pembelajaran di kelas secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa, penerapan metode pembelajaran yang lebih variatif, dan peningkatan kepercayaan diri mahasiswa dalam praktik mengajar. Program ini menegaskan bahwa kegiatan Kemahiran Mengajar dapat menjadi bentuk pengabdian dosen melalui bimbingan, kolaborasi, dan pendampingan nyata di sekolah mitra.

Referensi

Albi Anggiito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (E. D. Lestari, Ed.). Hak Cipta CV Jejak.

Bahja, A. W. T., Hakim, L., & Af’idah, R. A. (2025). Literature review: Analisis model pembelajaran efektif dalam implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 11–27. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.3651

Farhin, N. (2022). Penerapan RPP kolaborasi mata pelajaran. Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam. https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/23882

Faridah, N., Hasanah, N., Tahir, M., & Nurbayan, S. (2023). Kolaborasi guru dan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran literasi dan numerasi Kampus Mengajar 4 di SMPN 10 Kota Bima. Edusociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1). https://stkipbima.ac.id/jurnal/index.php/ES/article/view/1159

Goeritno, A., Wulandari, D., Lutfi, M., Purwanto, E. H., Waluyo, R., & Chayati, N. (2022). Observasi awal: Model pengabdian pada masyarakat oleh dosen melalui kegiatan mandiri di Sekolah Aliya Bogor. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(4), 594–604. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i4.5970

Hunt, M., Barnes, A., Powell, B., & Martin, C. (2008). Moving on: The challenges for foreign language learning on transition from primary to secondary school. Teaching and Teacher Education, 24(4), 915–926. https://doi.org/10.1016/j.tate.2007.08.005

Kurniawan, H., Putri, D., & Aminah, S. (2023). University–school collaboration in community service for teacher professional development. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 12(2), 101–112.

Ningrum, W., & Handayani, S. (2023). Professional learning collaboration among teachers and academic mentors in Indonesia. Journal of English Education and Teaching, 7(1), 45–54.

Putri Halimaini, K., Ilfah, A., Syahputra, T. A., & Halimah, S. (2025). Model-model desain pembelajaran. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1863–1871. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7636

Rosida, W. (2018). Pengelolaan pembelajaran IPS. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 249–260. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1849

Suseno, N., Purwaningsih, P., Aththibby, A. R., Harjati, P., & Wahono, L. (2022). Kemitraan guru dan dosen dalam menjaga kualitas pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Absyara: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 48–59. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5732

Syarif, M., Sholeh, A., Amirudin, A., Widodo, W., Novita, V., & Al-Zikri, R. (2024). Pemberdayaan masyarakat melalui kolaborasi pengabdian dosen dan mahasiswa di Kecamatan Dayun Siak Sri Indrapura. Natijah: Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam, 1(3), 91–98. https://doi.org/10.25299/njppi.2024.21907

Unduhan

Diterbitkan

29.11.2025