Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone

  • Bansuhari Bansuhari SMP Negeri 6 Watampone
Keywords: Field Trip, Menulis Puisi, Meningkatkan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone melalui penerapan metode field trip; dan (2) kualitas hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone melalui penerapan metode field trip.

Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Objek penelitiannya adalah pembelajaran menulis puisi, sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone sejumlah 24 siswa. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, informan, dan tempat peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone. Ini ditunjukkan dari persentase keaktifan dan kesungguhan siswa dalam menulis puisi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif dan bersungguh-sungguh sebesar 62,96% meningkat menjadi 88,46% pada siklus II; dan (2) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase siswa yang telahmencapai nilai ketuntasan (≥63), yakni pada siklus I 37,5% nilai naik di siklus II menjadi 87,5%.

References

Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Andayani. 2008. Pembelajaran Apresiasi Sastra Berbasis Quantum Learning di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.Atar Semi. 1993. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Budi Prasetyo. 2007. “Peningkatan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Strategi Pikir Plus”. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2, 57-63.

Burhan Nurgiyantoro. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Checep. 2008. Pendekatan dan Metode Pengajaran. Dalam http://smacepiring.wordpress.com/2008/ 02/19/pendekatan-danmetode pembelajaran/ ,diakses pada 1 Januari 2014.

Djago Tarigan dan Henry Guntur Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Henry Guntur Tarigan. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Herman J. Waluyo. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

_______. 2001. Pemakaian Bahasa dalam Tembang dan Puisi Jawa Modern. Jakarta:Pusat Bahasa.

Herry Widyastono. 2009. ”Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. 15. (6), 1019-1033.

Ilam Maolani. 2007. Metode Pembelajaran. Dalam http://ilammaolani.blogspot.com/2007/12/metode-pembelajaran.html, diakses pada 1 Januari 2014.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Lipson, Marjorie Y., Sheila W., Karen K., & Cahrles W. Peters.2003. ”Language Arts” Integration Thematic Teaching: Integration to Improve and Learning”.Reprinted by Permission of National Council of Teachers of English NCTE,70.p.p252-262.

Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/MTs. Badan Penelitian dan Pengembangan KTSP: Depdiknas.

Rachmat Djoko Pradopo. 2009. Pengkajian Puisi. Cetakan XI. Yogyakarta: GajahMada University Press.

Rachmat Djoko Pradopo. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Cetakan II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung.

Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan VII. Jakarta: Rineka Cipta.

S. Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-9. Jakarta: Bumi Aksara.

Sarwiji Suwandi. 2005. Bahasa dan Notasi dalam Karya Tulis Ilmiah. Materi Perkuliahan Mata Kuliah Menulis Ilmiah. Surakarta: UNS Press.

___ ___. 2009. Model Asessmen dalam Pembelajaran. Surakarta: PSG Rayon 13FKIP UNS.

Siti Zulaikhoh. 2009. Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi: UMS.

Sri Hastuti P.H. 1996. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Sri Utami Subyakto dan Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Widya Karya.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Suminto A. Sayuti 1985. Puisi dan Pengajarannya: Sebuah Pengantar. Semarang:IKIP Press.

__ _____. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.

Titin Rahmawati. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Metode berkunjung ke Lingkungan Sekitar (Field Trip) Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahunajaran 2007/2008. Skripsi: UNS.

Widowati. 2007. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung pada Siswa Kelas X MA Al Asror Patemon Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi: UNNES.

Published
2020-06-21
How to Cite
Bansuhari, B. (2020). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-21. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i1.643