Kajian Kebahasaan Akun TikTok “@kuliner1menit_”: Gaya Bahasa dan Makna
DOI:
https://doi.org/10.46918/idiomatik.v8i1.2643Keywords:
Media Sosial Tiktok, Promosi, Gaya BahasaAbstract
Media sosial TikTok bukan hanya dimanfaatkan sebagai sarana hiburan, tetapi juga dapat dipergunakan sebagai sarana promosi. Pemanfaatan TikTok sebagai sarana promosi, dilakukan dengan memadukan tayangan visual dengan penggunaan gaya bahasa persuasif. Gaya bahasa persuasif merupakan gaya bahasa yang digunakan dalam iklan dengan tujuan untuk menarik perhatian audiens, sehingga audiens tertarik untuk mencoba atau membeli produk yang ditayangkan. Problematika yang akan dibahas pada riset ini yakni ragam gaya bahasa persuasif yang muncul dan makna gaya bahasa dalam video-video di akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ragam gaya bahasa persuasif yang muncul dan makna gaya bahasa dalam video-video di akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Metode yang dipergunakan merupakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Sumber data diperoleh akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Video yang digunakan sebagai sumber data dipilih secara acak sebanyak 10 video yang ditayangkan selama bulan Oktober 2024. Hasil penelitian menunjukkan gaya bahasa yang muncul dalam iklan berupa gaya bahasa repetisi, retoris, hiperbola, dan personifikasi
References
Andriyana, A., Iswatiningsih, D., Mahmud, J., Yulianti, O. E., & Trang, T. T. T. (2021). Tiktok terhadap variasi bahasa kolokial pada kalangan remaja Indonesia (kajian etnolinguistik). Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(1), 34.
Databoks, 2024, Statistik Pengguna TikTok, Databoks, https://databoks.katadata.co.id, diakses 21 Februari 2025.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.
Djajasudarma, F. (2010). Metode linguistik: Ancangan metode penelitian dan kajian. Refika Aditama.
Enre, F. A. (1988). Dasar-dasar keterampilan menulis. Direktorat Tinggi P3PLTK, Depdikbud.
Keraf, G. (2007). Argumentasi dan narasi. Gramedia.
Kompas, 2025, Popularitas TikTok Menurut App Annie, Kompas.com, https://www.kompas.com, diakses 26 Februari 2025.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar-dasar pemasaran (Edisi ke-9, Jilid 2). PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran. Erlangga.
Kridalaksana, H. (2008). Kamus linguistik. Gramedia Pustaka Utama.
Kristia, S. E. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9. https://covid19.go.id/ diakses tgl 23 Februari 2025.
Mahsun. (2013). Metode penelitian bahasa. Rajawali Pers.
Mumtaz, Z. S., 2021, Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok sebagai media promosi dan tren glow up terhadap minat beli produk kecantikan, Jurnal Manajemen, vol. 13, no. 2, hlm. 282–291.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial. Simbiosa Rekatama Media.
Nirmala. (2020). Gaya bahasa iklan biskuit di televisi. Jurnal OJS Badan Bahasa Kemendikbud, 10(2), 1–12.
Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Komunikasi, 10(2), 145–160.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi (studi deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80.
Rangkuti, F. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication. Gramedia Pustaka Utama.
Rosita, F. Y., & Syamsiah, N. (2020). Gaya bahasa dalam kumpulan puisi Dear You karya Moammar Emka. Jurnal Diglosia, 3(1), 1–13.
Sevilla, C. G. (1993). Research methods. Rex Printing.
Sexton, D. (2006). Marketing 101. PT Bhuana Ilmu Populer.
SR, R. F. A., & Farida. (2023). Pengaruh Konten Beauty pada Tiktok Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Journal Communication Specialist, 2(3), 507–519.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Susilowati. (2018). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai personal branding di Instagram (studi deskriptif kualitatif pada akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.
Tempo, 2024, Laporan Penggunaan TikTok, Tempo.co, https://www.tempo.co, diakses 22 Februari 2025.
Widyatama, R. (2007). Pengantar periklanan. Pustaka Book Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masduki Zakaria, Lukito Wisnu Setyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.