Pengaruh Aplikasi Noice Terhadap Keterampilan Berbicara Cerita Fantasi Berbasis Model Resource Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.46918/idiomatik.v7i2.2421Keywords:
Noice, Keterampilan Berbicara, Model Resource Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Noice sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan berbicara cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 161 Jakarta. Berdasarkan wawancara dengan guru, ditemukan bahwa keterampilan berbicara merupakan tantangan utama bagi peserta didik, disebabkan oleh kurangnya percaya diri dan keterbatasan kosa kata. Penelitian ini menerapkan desain eksperimen nyata (True Experiment Design) dengan kelompok eksperimen dan kontrol yang dipilih secara acak. Variabel bebas adalah aplikasi Noice, dan variabel terikat adalah keterampilan berbicara cerita fantasi. Hasil posttest menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan aplikasi Noice memiliki rata-rata nilai 83,78, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan rata-rata nilai 70,89. Uji hipotesis menggunakan SPSS 22 menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang lebih rendah dari 0,05, mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kesimpulannya, penggunaan aplikasi Noice berbasis model Resource Based Learning (RBL) secara signifikan meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
References
Ali, M. M. 2022. Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapannya dalam penelitian. Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1–5.
Djumingin, S. 2018. Rubrik penilaian berbasis kurikulum tingkat satuan pendidikan di sekolah menengah pertama atau madrasah tsanawiyah. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Ergusni, E. n.d. Penerapan metode resource based learning dalam pembelajaran matematika. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Farhan, M. 2022. Penggunaan podcast sebagai media pembelajaran sastra Indonesia. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 64–71.
Fauzan, A., & Khaerunnisa. 2022. Implementasi metode sosiodrama pada teks cerita fantasi berbantuan media latar animasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Prosiding Samasta.
Febriyanti, I. 2020. Peningkatan kemampuan menelaah struktur cerita fantasi menggunakan metode peta pikiran. Sarasvati, 2(2), 208–219.
Halidjah, S. 2012. Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1).
Harsiati, dkk. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Harsiati, dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebudayaan.
Hatmoko, J. H. 2015. Survei minat dan motivasi siswa putri terhadap mata pelajaran penjasorkes di SMK se-Kota Salatiga tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, 1731.
Kristanto, A. 2016. Media pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya.
Kustinah, M., dkk. 2019. Pengaruh model resource based learning terhadap kemampuan menulis drama siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cikembar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 48–53.
Lestari, D., & Fatonah, K. 2021. Pemanfaatan media podcast dalam pembelajaran menyimak bagi siswa kelas IV di SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. Dalam Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (hlm. 298–305).
Marzuki, I. 2019. Keterampilan berbicara (dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia). Surabaya: CV Istana.
Novianti, W. S., dkk. 2019. Meningkatkan keterampilan pelafalan siswa melalui media podcast. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Padmawati, K. D., dkk. 2019. Analisis keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200.
Pagarra, H., dkk. 2022. Media pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Pajriah, S. 2019. Pemanfaatan metode resource based learning dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 3(2), 147–160.
Ramadhani, J. S., dkk. 2023. Pemanfaatan podcast Spotify sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135–143.
Setiyaningsih, I., & Santhi, M. S. 2019. Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII semester 1. Yogyakarta: Intan Pariwara.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suharwati, S. I., dkk. 2016. Pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap minat dan hasil belajar geografi siswa SMA (Disertasi doktoral, State University of Malang).
Sukma, H. H., & Saifudin, F. 2021. Keterampilan menyimak dan berbicara: Teori dan praktik. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Sutikno, S. 2019. Metode & model-model pembelajaran: Menjadikan proses pembelajaran lebih variatif, aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan. Lombok: Penerbit Holistica Lombok.
Syahna, S. 2019. Meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII B SMPN 1 Seberida tahun pelajaran 2019/2020 melalui model numbered heads together (NHT) pada materi pokok cerita fantasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1314–1326.
Wahidmurni, W. 2017. Pemaparan metode penelitian kualitatif.
Widiawati, A. S., & Koswara, U. 2016. Implementasi model pembelajaran resource based learning berbantuan program geogebra dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 67–78.
Widyaningrum, H. K. 2015. Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(2), 200–209.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tarisha Salsabilla Rahmatya, Lutfi Syauki Faznur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.