Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berbasis Media Pembelajaran Digital

Authors

  • Nastiti Nur Kholifah Pendidikan Profesi Guru Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dini Restiyanti Pratiwi Pendidikan Profesi Guru Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.46918/idiomatik.v8i1.2417

Keywords:

Menulis Karya Ilmiah, Model PjBL, Media Digital, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah melalui model Project Based Learning (PjBL) berbasis media pembelajaran digital pada siswa kelas XI F4 semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mencakup 2 siklus yang mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dari bulan Februari sampai bulan April 2024 dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah yang signifikan pada siswa kelas XI F4. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes menulis karya ilmiah pada setiap siklus meningkat yaitu pada prasiklus = 72,08; siklus 1 = 83,42; siklus 2 = 86,38 dan hasil observasi yang dilakukan menyimpulkan bahwa keterampilan menulis karya ilmiah melalui model PjBL berbasis media pembelajaran digital adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui media pembelajaran digital dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah.

References

A. Roen, Y., A. Nope, H., I. Parangi Angin, I., & Y. Utang, H. (2023). Peningkatan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1684–1689.

Ami, M. S., Siwi Satiti, W., & Nikmatus Sholihah, F. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Peserta Didik MAN 3 Jombang. PENDIDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 2774–7921.

Ariyati, I., Mohzana, & Aminah. (2023). Rahasia Sukses Meningkatkan Motivasi dan Keahlian Siswa dalam Menulis Recount Text dengan Media Mading serta Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL). Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 7(1), 65–77. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6876

Azani, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batanghari dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inkuiri Tahun Pelajaran 2018/2019. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 3(1), 24–32.

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 400–407. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, dan Menulis Dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186–1193. https://doi.org/10.31004/basicedu. v4i4.526

Domi Fella Henanggil, M., Hasnul Ulya, R., Yulia Sari, H., Rachman, A., Seprina Putri, D., Olva Zuve, F., & Erlianti, G. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital dalam Optimalisasi Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Guru SDN 20 Koto Gaek Guguk Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tembusai, 7(3), 26333–26340.

Hafizah, N. (2023). Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 pada Kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1675. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2699

Hamdani, M. F., Zaman, M. B., Ngafifudin, G., Makrifah, I. A., & Nashrudin. (2023). Pelatihan Microsoft Office untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran pada SMPN 1 Kademangan. JPPNu (Jurnal Pengabdiandan Pemberdayaan Nusantara), 5(1), 76–84.

Hamrin, Budijanto, & Taryana, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Outdoor Study terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. 6(6), 881–887. http://journal.um.ac.id/index.php/ jptpp/

Hanidian, O., Sudaryanto, & Siswanto. Aruji. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMKN 3 Yogyakarta dengan Metode Galeri Belajar Berbantuan Padlet. Jurnal Kabastra, 3(1), 32–45.

Izwar, & Kristanti, D. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam MBKM. Bionatural, 10(1), 31–41.

Malik, N., Mudrifah, Pramuja, R. A., & Ilyas Masudin. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Menulis Karya Tulis Ilmiah guna Meningkatkan Kreativitas Siswa Tingkat SMP/MTs/Sederajat di MTs Muhammadiyah 1 Malang. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 87–101.

Mardin, H., Nane, L., Demulawa, M., Hardianti, W. E., & Alwi, N. M. (2023). Peningkatan Kemampuan Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah bagi Peserta Didik dan Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Boalemo Provinsi Gorontalo. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 167–173.

Mariyah, Y. S., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959–967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778

Nabila Salwa. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(1), 229–244. https://doi.org/10.55606/protasis. v2i1.94

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital di SMPN 3 Kecamatan Pangkalan. Journal of Educational Studies, 4(2), 121–134.

Purnamasari, I., & Hayati, M. N. (2020). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo dalam Menulis Kreatif Cerita Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664

Putri, W. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Artikel Ilmiah Dosen Stain Gajah Putih Takengon. Jurnal As-Salam, 4(1), 110–123.

Rohilah, Asri Awan, S., & Ayuningrum, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 148–155.

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/92

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/ 10.47134/ptk.v1i4.821

Zuve, F. O., Atmazaki, Ardoni, Amir, A., Afnita, Ulya, R. H., & Henanggil, M. D. F. (2023). In House Training Penelusuran Informasi Berbasis Literasi Digital Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Guru SMPN Kota Padang. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 243. https://doi.org/10.33394/ jpu.v4i1.6538

Published

2025-06-30

How to Cite

Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berbasis Media Pembelajaran Digital (N. N. Kholifah & D. R. Pratiwi, Trans.). (2025). Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 15-24. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v8i1.2417