Keefektifan Kalimat Dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo
Abstract
Penggunaan kalimat efektif dalam menulis masih menjadi kendala bagi siswa. Hal tersebut membuat kalimat menjadi tidak efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kalimat dalam teks eksplanasi siswa SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo ditinjau dari lima hal. Pertama, keefektifan dari segi kesepadanan, terdapat 42 kesalahan. Kedua, keefektifan dari segi keparalelan, terdapat 17 kesalahan. Ketiga, keefektifan dari segi kehematan, terdapat 30 kesalahan. Keempat, keefektifan dari segi kecermatan, terdapat 42 kesalahan. Kelima, keefektifan dari segi kelogisan, terdapat 19 kesalahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo. Sumber data penelitian ini adalah teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo yang diperoleh melalui teknik pancing sesuai dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena jumlah subjek kurang dari 100, sehingga diperoleh sebanyak 20 teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Lalu, teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi.
References
Amril, Jumanisa Khairalfi. (2020). Keefektifan Kalimat dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 9 No. 2, Seri A 37-45.
Ardian, M. I. (2017). Analisis Ketidakefektifan Kalimat dalam Karangan Siswa Hasil Pembelajaran Menulis Petunjuk di SMP 3 Kedungwuni. LingTera. Vol. 4 No. 2, 163-176.
Arifin, Zaenal dan S. Amran Tasai. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademia Pressido.
Dabbagh, Ali. (2017). The Effect of Dialogue Journal Writing on EFL Learners Descriptive Writing Performance: A Quantitative Study. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, Vol. 6 No. 3.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Namavisayam, dkk. (2017). Improving the Student’s Skill in Writing Descriptive Text Using the Power of Two Strategy. Internasional Conference on Education (IECO), Vol.1, p. 57-62.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Ramadhanti, Dina. (2015). Penggunaan Kalimat Efektif dalam Karya Ilmiah Siswa : Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Lembah Gumanti. Jurnal Gramatika. Vol. 1, No. 2, p 167-173. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Semi, Atar. (2009). Menulis Efektif. Padang: UNP Press.
Syukur, M., & Emidar, E. (2020). Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 8 No. 3, 245-252.
Thahar. (2008). Menulis Kreatif Panduan bagi Pemula. Padang : UNP Press.
Wulan, Dari Suci. (2017). Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII MTsS Diniyah Pandai Sikek. (Skripsi). Padang: Universitas Negeri Padang.
Copyright (c) 2023 Nurul Aliyah, Ena Noveria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.