Pengaruh Penggunaan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Di MA Darul Ulum Bosowa
DOI:
https://doi.org/10.46918/idiomatik.v5i2.1644Keywords:
Penggunaan Whatsapp, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan whatsapp sebagai media pembelajaran daring terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia di MA Darul Ulum Bosowa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket sebanyak 20 pernyataan, 10 pernyataan untuk variabel penggunaan whatsapp dan 10 pernyataan untuk variabel motivasi belajar bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis skala likert dan analisis korelasional. Berdasarkan penelitian dan perhitungan statistik yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa korelasi antara penggunaan whatsapp dan motivasi belajar bahasa Indonesia memiliki tingkat hubungan yang rendah. Hubungan variabel penggunaan whatsapp dapat dibuktikan dengan hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,3734. Adapun pengaruh penggunaan whatsapp terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia sebesar 13,94%, sedangkan 86,06% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
References
A.M. Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Dabbagh, N. and Ritland. B. B. (2005). Online Learning, Concepts, Strategi, and Application. Ohio: Pearson.
Hamalik, Oemar. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kamila, Putri Hilwa. (2019) Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di SMP Islam Al Wahab Jakarta. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Larasati, W., dkk. (2013). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Pada Mahasiswa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Diakses dari https://www.academia.edu/10886930/Efektivitas_Pemanfaatan_Aplikasi_WhatsApp_sebagai_Sarana_Diskusi_Pembelajaran_Pada_Mahasiswa_Ilmu_Komunikasi_Fakultas_Ilmu_Sosial_dan_Humaniora_Angkatan_2012_UIN_Sunan_Kalijaga_Yogyakarta_?auto=downl
Pangestika, Nur Lia. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rahmatullah, Randi. (2017). Penggunaan Media Sosial Whatsapp Messenger Terhadap Pencarian Informasi. Skripsi jurusan Sejarah Kebudayaan Islam Konsentrasi Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (1997). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutama. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.
Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widodo, Etna & Mukhtar. (2012). Konstruksi ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Avyrouz.
Yusuf Bilfaqih & M. Nur Qomaruddin, (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Ed. 1, cet. 1. Yogyakarta: Deepublish.
