Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Sikap Peserta Didik Kelas X.1 SMA DDI Alliritengae Maros
DOI:
https://doi.org/10.46918/idiomatik.v5i2.1643Keywords:
Pembelajaran Daring, Sikap Belajar.Abstract
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring terhadap sikap belajar peserta didik kelas X.1 SMA DDI Alliritengae Maros. objek penelitian ini adalah sikap belajar peserta didik kelas X.1 SMA DDI Alliritengae Maros. Fokus penelitian yaitu analisis pembelajaran daring terhadap sikap belajar peserta didik kelas X.1. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis pembelajaran daring terhadap sikap belajar peserta didik kelas X.1 sesuai dengan aspek yang diteliti dalam penelitian ini. Alat yang di gunakan adalah angket (kuesioner) untuk peserta didik kelas X.1. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis pembelajaran daring terhadap sikap belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring merubah sikap belajar peserta didik . Terdapat pada tiga indikator dari sikap belajar yaitu kognitif, afektif, konatif yang memiliki rata-rata jawaban tidak baik.
References
Bachri. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10, No. 1, hal. 46-62.
Belawati. (2020). Pembelajaran online. Banten: Universitas Terbuka.
Bilfaqih dan Qomarudin (2015). Esensi Pengembangan pembelajaran daring. Yogyakarta: Deepublish
Ekomaks. (2016). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitatif Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Kunjungan Wisata Madiun Ngumbul Square. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol. 5, No. 1, hal 1.-90
Fitriyani. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan. Vol.6, No. 2, hal. 165-175
Handatini. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol. 8, No.3, hal. 496-503
Haq. (2017). Komunikasi Interpersonal Antara Wali Asrama Dengan Siswi Sebagai Upaya Pemecahan konflik. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Harahap. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Al- Thariqah. Vol.1, No. 2, hal. 140-155
Kristianto. (2012). Hubungan Lingkungan pendidikan dengan Prestasi Belajar Siswa kelas II Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Se-Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusumaningtias. (2017). Sikap Siswa Kelas Atas Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD Negeri 3 Pengasih .Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Napsawati. (2020). Analisis situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19.Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. Vol. 3, No.1, hal. 6-12
Nurdin. (2017). Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jua Berbasis Massive Open Course (MOOC) di Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO). Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ramayani. (2016). Interaksi Antara Strategi Pembelajaran dan Sikap Belajar Siswa. Jurnal STKIP-PGRI-Sumbar. Vol. 8, No. 2, hal. 187-190
Rigianti. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School .Vol. 7, No. 2, hal. 297-302
Rijal dan Bachtiar. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika. Vol. 3, No. 2, hal.15-20
Riwahyudin. (2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa terhadap hasil Belajar Ipa siswa kelas V Sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6, No. 1, hal. 11-23
Sadikin dan Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 6, No.2, hal. 214-224
Trisnowali MS. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika terhadap Hasil belajar Matematika pada Siswa SMA 2 Watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol.5, No. 2, hal. 259-278
Winarso. (2015). Perbedaan Tipe Kepribadian terhadap Sikap Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Jurnal Sainsmat. Vol. 4, No.1, hal. 67-80
Yolandasari. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
