Model Pembelajaran Demonstrasi, Menggambar, dan Peer Editing: Mengatasi Problematika Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII5 SMP Negeri 1 Parepare

  • Suhartina Suhartina Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pare
  • Andi Nurkidam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pare
  • Firman Firman Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pare
Keywords: Menulis, Demonstrasi, Menggambar, Peer Editing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menulis dengan menggunakan model Demonstrasi, Menggambar dan Peer Editing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pemaparan data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dari setiap pelaksanaan tindakan (proses pembelajaran), dan data kuantitatif diperoleh dari tes akhir setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I hanya 60 dan meningkat menjadi 78,5 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terhadap hasil penelitian pada siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa, pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Parepare dengan menggunakan model Demonstrasi, Menggambar dan Peer Editing dapat meningkatkan kemampuan pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran menulis teks prosedur.

References

Basri, H. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Fajriah,Astin. (2012) .Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Teknik Brainstorming dan Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Sentolo Kulon Progo.(Online) http://eprints.uny.ac.id/1196/

Indonesia, T. P. P. B. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Martha, M. (2016). Analisis Problematika Pengajaran Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sanaky, H. A. (2009). Media pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Aktivitas Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Suhartina, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif pada Siswa Kelas X4 SMA Negeri 3 Bulukumba. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 130-146.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijaya, I. K. W. B., Kirna, I. M., & Suardana, I. N. (2012). Model demonstrasi interaktif berbantuan multimedia dan hasil belajar IPA aspek kimia siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1).

Published
2021-06-29
How to Cite
Suhartina, S., Nurkidam, A., & Firman, F. (2021). Model Pembelajaran Demonstrasi, Menggambar, dan Peer Editing: Mengatasi Problematika Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII5 SMP Negeri 1 Parepare. Jurnal Idiomatik, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i1.1002