Campur Kode dalam Youtube Suhay Salim dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Teks Iklan

  • Ginis Illen Novif Rizkita Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan
  • Denik Wirawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Campur Kode, Youtube, Bahan Ajar

Abstract

Bahasa merupakann satuan terpenting dalam sebuah komunikasi. Penggunaan campur kode dalam kehidupan sehari-hari sudah biasa dilakukan oleh masyarakat karena adanya kemampuan dwibahasa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bentuk, makna dan kaitan campur kode dalam pembelajaran teks iklan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah youtube Suhay Salim. Objek penelitian ini adalah campur kode yang terjadi di dalam video Suhay Salim. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak kemudian catat. Analisis data penelitian ini menggunakan metode padan referensial. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bentuk campur kode berupa kata, frasa, kalimat, baster (2) Makna campur kode dalam video youtube Suhay Salim.

References

Chaer, Agustina. (2010). Sosioilinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

Guntur Tarigan. (2009). Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung: Angkasa.

Kridalaksana, H. (2011). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka

Maryani, Rini. (2011). “Analisis Campur Kode dalam Novel Ketika Cinta Bertashbih Karya Habibburrahman El Shirazy”.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Mustikawati, Diyah Atiek. (2015), “ Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik”. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Puspita, Denti Okta. (2018). “Campur Kode dalam Film My Stupid Boss dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA “. Universitas Lampung

Setyaningrum, Kristina Dewi Arta. (2019). Jenis, Bentuk, dan Faktor Penyebab Campur Kode Dalam Perbincangan Pengisi Acara “Ini Talkshow” Di NET TV”. Universitas Sanata Dharma

Shahrestani, Raisa. (2011). ”Campur Kode Dalam Buku Kampus Kabelnaya Karya Koesalah Soebagyo Toer” Universitas Indonesia

Solechah, Eka. (2016). Alih Kode Dan Campur Kode Pada Tuturan Bahasa Penyiar Dan Pendengar Radio Di Cirebon. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ulman, Stephen. (2014). Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijana, I Dewa Putu. (2019). Pengantar Sosiolinguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Published
2021-06-29
How to Cite
Rizkita, G., & Wirawati, D. (2021). Campur Kode dalam Youtube Suhay Salim dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Teks Iklan. Jurnal Idiomatik, 4(1), 16-20. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i1.1000