PENGARUH METODE JOYFUL LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LEGO PADA MATERI DNA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Andi Taskirah Universitas Patompo
  • Ninah Wahyuni Universitas Patompo

Kata Kunci:

ARCS, DNA, joyful learning, motivasi belajar

Abstrak

Motivasi belajar sejatinya sangat menentukan keberhasilan maupun prestasi siswa. Pada materi struktur DNA cenderung terlihat membosankan karena kompleksitas konsep dan metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode joyful learning berbasis media lego terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada materi struktur DNA. Metode penelitian disini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian melibatkan seluruh peserta didik yang berada di kelas XII IPA SMA Negeri 18 Makassar dengan jumlah 30 peserta. Data motivasi dikumpulkan melalui angket ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) berjumlah 12 pernyataan. Setelah data dikumpulkan lanjut dianalisis dengan teknik analisi deskriptif statistik. Data yang terkumpul pada penelitian ini yaitu, berdasar total skor perolehan siswa dan mengetahui rerata skor yang didapatkan. Penentuan jenis pilihan jawaban dari angket berpaduan pada skala Likert melalui 3 kategori jawaban. Jawaban setiap item instrument yang menggunakan skala Likert dengan ekspektasi yang sangat positif sampai sangat negatif, berupa kata-kata seperti selalu, sesekali dan tidak pernah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran joyfull learning menggunakan media lego dapat meningkatkan kualitas hingga motivasi dalam belajar siswa. Hasil tersebut dapat dilihat pada tanggapan siswa dalam 12 aspek pernyataan mendapatkan skor rata-rata 86,3. Karena pembelajarannya menyenangkan dan membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran, dapat tersimpulkan bahwa metode joyful learning dengan lego begitu efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi DNA

Biografi Penulis

  • Andi Taskirah, Universitas Patompo

    Pendidikan Biologi

  • Ninah Wahyuni, Universitas Patompo

    Pendidikan Biologi

Referensi

Achadah, A., & Mulyati, E. D. (2020). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.30659/jspi.v3i2.15559

Ardiansyah, A., & Diella, D. (2019). Efektivitas Media LEGO dalam Pembelajaran Biologi Molekuler. Jurnal Pendidikan Sains, 12(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.xxxx/jps.2019.12.2.45

Ardiansyah, R., & Diella, D. (2019). Implementasi E-learning Berbasis Assessment For Learning Untuk Meningkatkan Performa Belajar Mahasiswa. BIOSFER?: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1). https://doi.org/10.23969/biosfer.v3i2.1292

Asmiati, A., Sumardi, L., Ismail, M., & Alqadri, B. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan Studi Anak Pada Masyarakat Nelayan di Desa Seruni Mumbul Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.645

Bakti Bachtiar, W., & Bakti, M. (2018). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas X Sma Negeri 1 Cianjur. MAENPO, 8(1). https://doi.org/10.35194/jm.v8i1.917

Bustami, Y., Mirnawati, & Utami, Y. E. (2022). Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Studi Meta¬-Analisis Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains. BIOSFER?: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7 No 1. https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5454

Dewi, N. L. D. S., Utami, G. W. N., & Wardhana, I. G. N. P. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Simple Present Tense Menggunakan Alat Permainan Lego Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4). https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8833

Fadhilah, I. N., Rodiyana, R., & ... (2019). Pentingnya Model Pembelajaran Tgt Berbantu Lego Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional …, c.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1).

Farahiba, A. S., & Kusuma, E. R. (2022). Optimalisasi Pengelolaan Kelas Melalui Model Pembelajaran Enjoyfull Learning Berbasis Literasi Di Sma Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Abdi Insani, 9(1). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i1.494

Halimah, M., Rahmat, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2021). Penggunaan Examples Based Learning (EBL) dalam Meningkatkan Level Kemampuan Berpikir Mahasiswa Berdasarkan Taksonomi Marzano Materi Metabolit Sekunder Mata Kuliah Bioteknologi. BIOSFER?: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, Volume 6 No 2. https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i2.5009

Kamelia, M., Ahmad, A., & Novitasari, Y. (2018). Pengaruh Strategi Joyful Learning Dengan Teknik Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2). https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2303

kurniawan aditya. (2021). Motivasi Siswa Terhadap Kegiatan Praktikum Pembuatan Preparat Apusan Darah Tingkat SMA Di Kabupaten Jember, Indonesia. 6(2). https://doi.org/://doi.org/10.23969/biosfer.v6i2.4849

Leiter, A. (2022). Blocks. In Research Handbook on Law and Literature. https://doi.org/10.1145/3351241

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mulyadi prasetyo, Nurhidayah, & Wiwik Wiji Astuti. (2024). Pengaruh Model Joyfull Learning Menggunakan Media Uno Stacko For A Question Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Biosfer?: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 9(2), 192–198. https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i2.20382

Muqtakdir Nurfalaq Syarif, Ninah Wahyuni, Moh. Mulyadi Prasetyo, S. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. 10(1), 102–116.

Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Epistema, 2(1). https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40129

Ramadan, F., Istiningsih, S., Erfan, M., Guru, P., Dasar, S., & Mataram, U. (2023). Pengaruh model joyfull learning berbantuan media kartu bilangan terhadap kemampuan numerasi peserta didik kelas iii SD negeri 1 midang the effect of number card media assisted joyfull learning. Renjana Pendidikan Dasar -, 3(3).

Santyasa, I. W., et al. (2023). LEGO-Based Learning for DNA Structure: A Meta-Analysis. International Journal of STEM Education, 10(1), 1–15.

Sinaga, J., & Sinambela, J. (2023). Strategi Pembelajaran Efektif Melalui Permainan: Pengaruh Permainan Lego Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Kepandaian Pada Anak-Anak. JIMAD?: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.61404/jimad.v1i1.63

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Edisi ke-16). In Sinarbaru.

Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1). https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2892

Tena, M. J. F., Almadhkhori, H., & Ruiz, Y. D. (2020). Impact of Robotics on the Motivation and Socio-Affectivity of Secondary School Students. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(8).

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH METODE JOYFUL LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LEGO PADA MATERI DNA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. (2025). Jurnal Binomial, 8(1), 50-59. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2653