PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP SANTA THERESIA LANGGUR MELALUI MEDIA VISUAL KARIKATUR HUMOR
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1697Kata Kunci:
Hasil Belajar, Visual Karikatur HumorAbstrak
Melalui pemanfaatan media visual karikatur humor dalam pembelajaran biologi, penelitian yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Santa Theresia Langgur. 32 siswa kelas VIII SMP Santa Theresia Langgur dijadikan sebagai subjek penelitian. Analisis deskripsi kuantitatif adalah metodologi yang digunakan untuk menganalisis data. Dua siklus kegiatan pembelajaran—perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan variabel refleksi—digunakan selama penelitian ini. Tes yang diberikan pada setiap akhir siklus berupa pilihan ganda dan deskripsi yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Analisis statistik deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan 53,96 persen dan pada siklus II 81,77 persen, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Kriteria ketuntasan hasil belajar pada siklus II sebesar 90,62 persen, yang termasuk dalam kriteria ketuntasan pada siklus II, dan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 56,25 persen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa KKM yang ditentukan sekolah 75% lebih tinggi, telah meningkat.
Referensi
Rustantiningsih. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Masa Penjajahan Belanda dan Jepang dengan Menggunakan Metode Questions Flag pada Siswa Kelas V SDN Tawangmas 01 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 1(1).https://doi.org/10.31942/pgrs.v1i1.1425
Aisyafah, O. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Podomoro Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. In Repositori UIN Raden Intan (Issue Teknologi Pengajaran).
Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021
Hadis, A., B, N., & Hadis, M. S. (2020). The Development of Students Interest with Special Needs through Entrepreneurship Based Career Counseling in SLB Negeri 1 Kota Makassar. International Journal of Advances in Social and Economics, 2(3). https://doi.org/10.33122/ijase.v2i3.166
Handayani, N., Jamil, M. D., & Palupi, I. R. (2020). Faktor Gizi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 4(1). https://doi.org/10.22487/ghidza.v4i1.57
Ikbal, I., Taena, L., & Ilham, M. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Muna. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(1). https://doi.org/10.36709/ jopspe.v4i1.13526
Istiningsih, S., Sri Widari, N. K., & Hasanah, N. (2018). Efektivitas Teknik Mangkuk Ikan Atau Akuarium (Fish Bowl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V A SDN 16 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017. JKKP Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/ 10.21009/jkkp.051.08
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Nirfayanti, N., & Syamsuriyawati, S. (2019). Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Prezi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ruang. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2). https://doi.org/10.24256/ jpmipa.v7i2.748
Pranoto, P. (2021). Pemanfaatan Multimedia dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPA tentang Sruktur Tanah. Journal of Classroom Action Research, 3(1). https://doi.org/10.29303/ jcar.v3i1.649
Ratnawati, R., & Hasanah, M. (2021). Peran guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.339
Sari, E., & Sitohang, J. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Siswa Pada Materi Gerak Tumbuhan Dikelas VIII SMPN 30 Pekanbaru T.A 2017/2018. Bio-Lectura, 5(1). https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1011
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning in Schools. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/ B978-0-08-097086-8.92028-2
Sudjana, N. (2019). Dasar-Dasar Proses Mengajar. In Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tempola, F., Muhammad, M., & Mubarak, A. (2020). Penggunaan Internet Dikalangan Siswa SD di Kota Ternate: Suatu Survey, Penerapan Algoritma Clustering dan Validasi DBI. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6). https://doi.org/10.25126/jtiik.2020722370