PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PLANTAE KELAS X IPA 1 SMA NASIONAL MAKASSAR

  • Ika Lestari
  • Muqtakdir Nurfalaq Syarif
  • Alin Liana Universitas Patompo
Keywords: discovery learning, model pengembangan ADDIE, LKPD, pengembangan bahan ajar, plantae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, kualitas, dan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah dikembangkan sesuai dengan standar penilaian menurut para ahli untuk diimplementasikan di kelas X IPA 1 SMA Nasional Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Observasi di kelas X IPA I dilakukan dengan wawancara dan melihat langsung situasi pembelajaran di SMA Nasional Makassar. Kuesioner diberikan kepada validator, guru, dan peserta didik untuk menilai kualitas dan kelayakan LKPD. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X IPA 1 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai persentase validasi ahli media sebesar 100% dengan kategori sangat layak, validasi ahli materi sebesar 82,5% dengan kategori layak, sehingga LKPD dapat dilanjutkan ke tahap implementasi. Respon guru yang didapatkan sebesar 97,2% sehingga LKPD layak untuk diimplementasikan. Pada tahap evaluasi, diperoleh respon peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 80,5% dan pada uji coba klasikal sebesar 84%, sehingga LKPD dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKPD yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X IPA 1 SMA Nasional Makassar.

References

Andiasari, L. (2015). Penggunaan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 15–20.
Ariani, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Imbir, O.I.B. (2023). Pengembangan Lembar Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekosistem Kelas XI SMA YPK Oikoumene Kota Sorong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Eksakta Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Leba, A.R.P. (2021). Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD Materi Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMA Kelas X Semester 2. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.
Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 8 (3): 273-284.
Pribadi, B.A. 2020. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.
Rahmawati, L.H. & Wulandari, S.S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Vol 8 (3): 504-515.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W.B. & Yuliana, D. (2019). Peneramapn Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn Vol. 5 No.1.
Published
2024-03-31
How to Cite
Lestari, I., Syarif, M., & Liana, A. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PLANTAE KELAS X IPA 1 SMA NASIONAL MAKASSAR. Jurnal Binomial, 7(1), 25-32. https://doi.org/10.46918/bn.v7i1.2171
Section
Articles