IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SFAE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Environmental Learning, Motivasi Belajar, Student facilitator and explainingAbstrak
Penelitian yang diterapkan ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk menganalisis tingkat minat belajar Biologi bagi siswa kelas VIIIA SMP Negeri Tiga Palakka, Kabupaten Bone, dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) yang diaplikasikan beserta media gambar. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Palakka pada semester Genap (II) tahun ajaran 2023/2024. Untuk mengukur hasil meningkat atau tidaknya minat belajar siswa, dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining disertai dengan penggunaan media gambar dapat dilihat dari evaluasi pada setiap siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil hasil tes tiap siklus untuk melihat perkembangan minat belajar, serta observasi proses pembelajaran menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, skor rata-rata untuk siklus I ialah 62,00. Selanjutnya pada siklus II skor ratarata yang diperoleh ialah 93,00. Dari perolehan
hasil penelitian ini, bila dikaitkan dengan proses belajar mengajar maka model student facilitator and explaining sebagai penunjang pembelajaran yang disertai bersama penggunaan media gambar, dapat meningkatkan minat
belajar dalam proses pembelajaran bagi siswa.
Referensi
Abdulah, M. K., Fauzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2). https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.149
Adryawin, I., Rohana, R., & Nurwahida, N. (2018). Strategi Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Lombok Tengah. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 1(2). https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.376
Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021
Dayanti, F., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Motivasi Siswa. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(4). https://doi.org/10.21067/jtst.v2i4.4924
Fimala, Y., S, N., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik sekolah dasar di masa pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.29210/02927jpgi0005
Hasfira, H., & Marelda, M. (2021). Peran Guru Dalam memotivasi Siswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1430
Hutagalung, U. A., & Baroroh, R. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Eksperimen Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Kelas X SMA Negeri I Batangtoru. NUSANTARA?:Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2). https://doi.org/10.31604/jips.v6i2.2019.214-220
Intan Nurbaiti, Bambang Trisno, & Herdalina. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Joyfull Learning Berbasis Ice Breaking Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VIII Mts Hubbulwathan Duri Riau. Indonesian Research Journal On Education, 3(1). https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.329
Istiningsih, S., Sri Widari, N. K., & Hasanah, N. (2018). Efektivitas Teknik Mangkuk Ikan Atau Akuarium (Fish Bowl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V A SDN 16 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017. JKKP
(Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.08
Kartika, C. S. D., Kadir, A., Yudhiarti, N. P., Istiqamah, S. N., Shafira, F., & Purwandari, E. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Seksualitas Anak. Publikasi Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.8726
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1). https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A.(2021). Peran guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas V SDN tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2).
Sitta Nurmala, R., & Priantari, I. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Discovery Learning. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/bioma.v2i1.586
Sulaiman, S., & S, N. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.118
Sulhan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23735
Usman, U. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal
Jurnalisa, 4(1). https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626