Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Fien Pongpalilu Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Mahfuddin Mahfuddin Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Syahruddin Mahmud Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Arianty Dwi Astuti Arsyad Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/idiomatik.v6i2.2118

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah suatu pembelajaran dimana siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki latar belakang yang berbeda, dan mendorong terciptanya kemungkinan yang lebih besar untuk melakukan komunikasi, interaksi edukatif dua arah dan banyak arah. Make a match (mencari pasangan) adalah salah satu dari model-model pembelajaran kooperatif learning yang efektif diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap siswa dan untuk memastikan apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match efektif terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi sebanyak 40 orang siswa sehingga sampelnya seluruh siswa (totalling sample) dalam satu kelas eksperimen . Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pre-test dan post-test. Adapun nilai rata-rata pre-test adalah 40,83 dan standar deviasi = 15,777 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 83,73 dengan standar deviasi 6,618. Berdasarkan uji t diperoleh ttabel ? thitung (1.68385 ? 17.299). hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, pada kelas VII SMPN 39 Satap Leang-Leang dengan pokok bahasan teks deskripsi.

References

Ahmad, Alek. (2011). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta, Kencana

Basri, Syamsuriani. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Strategi Learning Tournament Pada Siswa Kelas VIIc SMP Negeri 1 Tanralili Kabupaten Maros. Jurnal Ecosystem, Volume 16, Nomo3, Hal 7.

Clairine, Alodia Margareth (2016). Efektivitas Kartu Permainan Make a Match Untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas XII SMA. Jurnal Bioedu, Volume 5, Nomor 3, hal 253-258.

Fachruddin. (2009). Perngembangan Profesionalisme Guru. Gaung Persada: Jakarta. Hamdani. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Faizi, Mastur. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Mur Jogjakarta: DIVA press.

Lusiana, Veronica (2005). Pengaruh Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Santo Aloysius Turi Sleman Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Sanata Dharma.

Maulidiyah, (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Adaptasi Makhluk Hidup. Jakarta: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muliani. (2019), pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA 5 Tanralili Maros. Maros: Program Sarjana Universitas Maros.

Nadhiro, (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Make a Match Dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Alat Peraga Sudut Pusat Dan Sudut Keliling Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pokok Bahasan Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran Kelas VIII MTs Nurul Umum Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Semarang: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ovandra, Rizal. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik. Siswa Kelas V SDN Margakaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Bandar Lampung: Program Sarjana Universitas Lampung.

Ramadhan, Tarmizi, Pembelajaran Kooperatif Make a Match, (online), diakses melalui situs : http://www.scipd.com, tanggal 1 Desember 2016

Rasdiana, Andi. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MA Firdaus Tompobalang. Maros: Program Sarjana Universitas Maros.

Slavin,Robert. (2014). Cooperatif Learning Teori Riset dan Praktif. Bandung: Nusa Media.

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijno, Agus. (2009). Cooperatif Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Bandung: CV Wacana Prima.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS.Bandung: Citra Umbara, 2008, hal 6.

Yariyani, Lina (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match (Mencari pasangan) Dan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPA Biologoi SMP. Surakarta: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yatim, Riyanto. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran.Jakarta: Kencana.

Yuliawan, Seta. 2015. Keefektifan model project learning berbantuan software multisim pada peningkatan kompetensi perancangan rangkaian digital dasar di SMK N 1 Sedayu. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (F. Pongpalilu, M. Mahfuddin, S. Mahmud, & A. D. A. Arsyad, Trans.). (2023). Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 173-184. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v6i2.2118