Pengembangan Instrumen Soal Tipe Open-Ended Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

  • Ulfatul Khoiriyah Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Moh. Mahfud Effendi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Adi Slamet Kusumawardana Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Khoiruli Ummah Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Bangun Ruang Sisi Datar, Berpikir Kritis, Open Ended, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal bertipe open ended pada materi bangun ruang sisi datar untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Dasar pengembangan ini yaitu pentingnya pengukuran kemampuan berpikir kritis siswa SMP sehingga guru dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Pemberian soal open ended bermanfaat dalam memberikan pengalaman kepada siswa maupun guru dalam menyelesaikan soal dengan berbagai tipe. Pengembangan dilakukan sampai soal dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi menjadi 5 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan data instrumen, perencanaan waktu penelitian, pengembangan produk awal, validasi serta uji coba kelayakan. Data diperoleh dari siswa kelas VIII. Kevalidan soal tes menunjukkan kategori valid dengan rata-rata sebesar 82,2. Keefektifan instrumen soal menunjukkan kategori efektif dengan rata-rata sebesar 78,5. Kepraktisan soal tes angket respons siswa menunjukkan kategori praktis dengan rata-rata sebesar 79,8. Kemudian dari hasil data di atas, disimpulkan bahwa pengembangan soal open ended pada materi bangun ruang sisi datar di SMP valid, efektif dan praktis

References

Auliah, L., Syaiful, & Syamsurizal. (2020). Pengembangan Soal Open-Ended Berbasis RME Materi Geometri (Luas Permukaan Dan Volume Balok). Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.967

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. 3(1), 95–101.

Harisman, Y., Arfah, A., Harun, L., & Habibah, M. (2023). Kategori Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Memecahkan Masalah Duplikasi Kubus Zaman Thales-Euclid. 7(2), 290–307.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157–169. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866

Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Open-Ended Dengan Setting Kooperatif Tipe NHT. 3(1), 81–92.

Mukhibin, A. (2017). Matematika Diri: Menghisab Diri Sebelum Dihisab. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 1(1), 496–502. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=492255&val=10053&title=Matematika Diri Menghisab Diri Sebelum Dihisab

Muthaharah, yhana alfianadevi, Kriswandani, & erlina prihatnani. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. 2(1), 63–75.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nurcholifah, S., Purwoko, R. Y., & Kurniawan, H. (2020). Analisi Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Open-Ended. 7(2), 44–52.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Ratumanan, T. G., & Tetelepta, Y. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada SMA Negeri 1 Masohi. Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(C), 25–34.

Sidik, M. J., Hendriana, H., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Saat Menyelesaikan Soal Berpikir Kritis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 837. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p837-846

Published
2023-12-25
How to Cite
Khoiriyah, U., Effendi, M. M., Kusumawardana, A. S., & Ummah, S. K. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Tipe Open-Ended Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 99-109. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1891