Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Berdasarkan Mathematics Self-Concept (MSC) dengan Mengontrol Kemampuan Awal Matematis (KAM)

  • Tri Fauji Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta
  • Pinta Deniyanti Sampoerno Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta
  • Lukman El Hakim Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Berpikir Komputasi, Mathematics Self-Concept, Kemampuan Awal Matematika

Abstract

Salah satu kemampuan abad 21 yang perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah berpikir komputasi. Pengembangan kemampuan berpikir komputasional perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhi, contohnya adalah Mathematics self-concept (MSC) dan Kemampuan Awal Matematika (KAM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional dengan perbedaan MSC pada siswa dengan KAM tinggi. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Kemampuan berpikir komputasional terdiri atas empat komponen, yaitu dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan berpikir algoritmik. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes dan wawancara.  Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa perbedaan MSC siswa sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir komputasional yang dimiliki siswa. KAM juga berperan penting pada saat proses pengenalan pola dan berpikir algoritmik. MSC positif dan KAM tinggi memampukan siswa melakukan semua komponen berpikir komputasional, sedangkan MSC negatif menjadi kendala karena siswa kurang antusias dan tidak mau memperbaiki jika kesalahan terjadi. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu dilakukan pengembangan kemampuan berpikir komputasional dengan sebelumnya meningkatkan KAM dan MSC siswa.

References

Ahmed, W., Minnaert, A., Kuyper, H., & van der Werf, G. (2012). "Reciprocal relationships between math self-concept and math anxiety". Learning and Individual Differences, 22(3).

Aliyah, I. M., Yuhana, Y., dan Santosa, C. A. H. F. (2019). "Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender." Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 161-178.

Angeli, C., Voogt, J., Fluck, A., Webb, M., Cox, M., Malyn-Smith, J., & Zagami, J. (2016). "A K-6 computational thinking curriculum framework: Implications for teacher knowledge". Educational Technology and Society.

Barr, V., & Stephenson, C. (2011). "Bringing Computational Thinking to K-12: What is Involved and What is The Role of The Computer Science Education Community?". ACM Inroads.

Cansu, F. K., & Cansu, S. K. (2019). "An overview of computational thinking". International Journal of Computer Science Education in Schools.

Durak, H. Y., & Saritepeci, M. (2018). "Analysis of the relation between computational thinking skills and various variables with the structural equation model". Computers and Education.

Fauji, T., Sampoerno, P. D., & El Hakim, L. (2022). "Penilaian Berpikir Komputasi Sebagai Kecakapan Baru dalam Literasi Matematika". Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022.

Goldman, A. D., & Penner, A. M. (2016). "Exploring international gender differences in mathematics self-concept". International Journal of Adolescence and Youth, 21(4).

Hanun, F. (2010). "Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika". Widyariset, 13(1), 123–134.

ISTE. (2016). ISTE Standards For Students 2016. ISTE.

Kuo, W. C., & Hsu, T. C. (2020). "Learning computational thinking without a computer: How computational participation happens in a computational thinking board game". Asia-Pacific Education Researcher.

Mulyono, D., Asmawi, M., & Nuriah, T. (2018). "The Effect of Reciprocal Teaching, Student Facilitator and Explaining and Learning Independence on Mathematical Learning Results by Controlling the Initial Ability of Students". International Electronic Journal of Mathematics Education.

Ristiandini, O. (2022). "Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Kecerdasan Numerik terhadap Prestasi Belajar Matematika.” ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1).

Voogt, J., Fisser, P., Good, J., Mishra, P., & Yadav, A. (2015). "Computational thinking in compulsory education: Towards an agenda for research and practice". Education and Information Technologies.

Wing, J. M. (2006). "Computational thinking". In Communications of the ACM (Vol. 49, Nomor 3, hal. 33–35). Association for Computing Machinery.

Wing, J. M. (2008). "Computational thinking and thinking about computing". Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences.

Yadav, A., Hong, H., & Stephenson, C. (2016). "Computational thinking for all: Pedagogical approaches to embedding 21st century problem solving in K-12 classrooms". TechTrends.

Published
2023-12-25
How to Cite
Fauji, T., Sampoerno, P. D., & Hakim, L. E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Berdasarkan Mathematics Self-Concept (MSC) dengan Mengontrol Kemampuan Awal Matematis (KAM). EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 87-98. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1885