Hubungan antara Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP di Kecamatan Curug

  • Yuke Salsabila Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Abdul Fatah Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Jaenudin Jaenudin Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Hubungan, Literasi Numerasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Pelaksanaan ANBK merupakan salah satu bentuk asesmen literasi numerasi. Namun, hasil ANBK tidak dapat menggambarkan kemampuan tersebut secara individu. Peneliti tertarik untuk menelaah literasi numerasi siswa SMP.  Kemudian, pada pembelajaran abad-21 terdapat kebijakan berupa penerapan 4C untuk setiap pembelajaran. Berpikir kritis dan kreatif termasuk ke dalamnya, maka dari itu peneliti ingin meneliti kedua kemampuan berpikir tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kritis, literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP di Kecamatan Curug. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tepatnya paradigma ganda dengan dua variabel terikat dan satu variabel bebas. Teknik korelasi sederhana dengan koefisien korelasi Pearson Product Moment digunakan pada penelitian ini dalam mencari hubungan antara masing-masing variabel. Pada teknik tersebut diperoleh nilai korelasi sebesar 0,345; 0,207; dan 0,406 dengan sampel sebanyak 373 siswa. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kritis, literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP di Kecamatan Curug.

References

Abidin, & Mulyati. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Arianingsih, L. C., Meifiani, N. I., Cahyani, D., & Apriyani, N. (2020). Hubungan antara Literasi Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Arjosari. http://repository.stkippacitan.ac.id

Benu, F. L., & Benu, A. S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi, Administrasi, Pertanian dan Lainnya (B. K, Ed.; 1st ed., Vol. 2). Jakarta: Kencana.

Hariani. (2021). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 1 Tinambung. In cetak) Journal on Pedagogical Mathematics (Vol. 4, Issue 1).

Kemendikbud. (2022, October). Tentang Asesmen Nasional. Kemendikbud.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling Info Artikel Abstrak. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Nitano, Wempi. (2019) Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira. http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1939

Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Ul’fah Hernaeny, M. P., Pratiwi, L., Wahyudin, M. P., & Setiawan, J. (2021). Pengantar Statistika 1 (A. Nurrahmah, F. Rismaningsih, M. P. Ul’fah Hernaeny, L. Pratiwi, M. P. Wahyudin, & J. Setiawan, Eds.). Tangerang: Media Sains Indonesia.

Ratnasari, P. A. (2021). Analisis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD (Studi Literatur). Skripsi(S1) Thesis, FKIP UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53227

Rizki, M., Arhami, M., Huzeni, D., Teknologi, J., Dan, I., Politeknik, K., Lhokseumawe, N., Aceh, J. B., & Km, M. (2021). Perbaikan Algoritma Naive Bayes Classifier Menggunakan Teknik Laplacian Correction. Jurnal Teknologi (Vol. 21, Issue 1).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed., Vol. 3). Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. (2018). Hubungan Kemampuan Literasi Matematika dengan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018.

Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan (1st ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.

UPTD. (2022, February 23). Literasi dan Numerasi : Pengertian, Perbedaan, dan Prinsip Penerapannya.

Published
2023-06-07
How to Cite
Salsabila, Y., Fatah, A., & Jaenudin, J. (2023). Hubungan antara Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP di Kecamatan Curug. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 42-54. https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1789