EKSPLORASI PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL SEBAGAI ALTERNATIF PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
Eka Putri Awalia Ahmad, Rizki Amalia Nur
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2411Kata Kunci:
hasil belajar, olabs, laboratorium virtualAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penggunaan laboratorium virtual sebagai alternatif praktikum dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMAN 11 MAROS. Pada pembelajaran materi uji kandungan karbohidrat, protein dan lemak pada makanan, kelas eksperimen di ajar dengan menggunakan media laboratorium virtual Olabs, sedangkan kelas kontrol hanya diberikan model pembelajaran tradisional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang telah di validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu menggunakan SPSS versi 25 untuk menganalisis normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Analisis posttest kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan laboratorium virtual mempunyai rata-rata nilai 79,03 dan standar deviasi 13,228. Kelompok kontrol yang menggunakan metode kelas tradisional (tanpa menggunakan laboratorium virtual) mempunyai rata-rata nilai 75,18 dan standar deviasi 11,968. Berdasarkan uji Mann Whitney hasil belajar ditentukan dengan asymp.sig (2-tailed) 0,000<0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan laboratorium virtual meningkatkan hasil belajar siswa dan juga dapat dianggap sebagai alternatif praktis terhadap metode tradisional dalam pembelajaran biologi dengan fokus pada peningkatan hasil belajar siswa.
Referensi
Alvinda, I. (2022). Pengaruh Media Virtual Lab dengan Aplikasi Olabs untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MA NU Raudlatus Shibyan (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).
Amiliyah, A., Susiani, T. S., & Hidayah, R. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Cell Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V SDN Segugus Imam Bonjol Kecamatan Sapuran Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(3).
Ayudita, & Ghaza, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Asupan Zat Gizi Makro Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Tahun 2020. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 5–7.
Betty, Y. (2018). Tuntunan Praktis Menghitunga Kebutuhan Gizi (1st ed.).
Bhati, P., & Kumar, I. (2020). Role of library professionals in a pandemic situation like Covid-19. International Journal of Library and Information Studies, 10(2), 33–48.
Gaffar, A. A. et al. (2019). Pengembangan Perangkat Media Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 1 Sindangwangi Kab. Majalengka
Hendri, N., & Anugrah, S. (2022). Fleksibilitas Pembelajaran Melalui Pengajaran Virtual Berbasis Web dan Sistem Laboratorium Virtual. E-Tech?: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.24036/et.v10i1.119318
Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea?: Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815
Liana, D., & Kurniawan, N. A. (2019). Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Biologi untuk siswa SMA. Pedagogi Hayati, 2(2), 6–12. https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.834
Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran: Peluang dan tantangan. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 77-83.
Mu’minah, I. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Praktikum Virtual Lab Berbasis Olabs (Online Laboratory) Terhadap Hasil Belajar Siswauh Penggunaan Aplikasi Praktikum Virtual Lab Berbasis Olabs (Online Laboratory) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Community Service, 2(1), 99-107.
Nana, N. (2020). Penerapan eksperimen virtual PhET terhadap model pembelajaran Poe2We pada tumbukan untuk melatih keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 17-27. https://doi.org/10.36706/jipf.v7il.10912
Nengsih, S. (2021). Korelasi penggunaan Smartphone dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 6(2), 71-79.
Ngwu, A. N., Eze, N. E., & Ezea, C. C. (2020). Effects Of Group And Individual Laboratory Activities On Student Achievement In Biology. Sapientia Fondation Journal of Education Sciences and Gender Studies (SFJESGS). Volume 2 (3)
Noris, M., Saputro, S., & Muzazzinah, M. (2022). The Virtual Laboratory Based on Problem Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Skills. European Journal of Mathematics and Science Education, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.12973/ejmse.3.1.35
Novitasari, S., Tulandi, D. A., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan panduan praktikum online menggunakan smartphone berbasis aplikasi phypox. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 35–42.
Orobor, A. I., & Orobor, H. E. (2020). a Review of Virtual Laboratory and Justification for Adoption in Nigeria Tertiary Educational Institutions. International Journal of Open Information Technologies, 8(2), 47– 53.
Rachmawati, D.W.2021. Teori dan Konsep Pendagogik. Cirebon : Penerbit Insania
Rahayu, H. T. (2019). Pengaruh Aplikasi Android Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 10 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Ciputat: Kemdikbud.
Renstra-Kemendikbud. (2020-2024). https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/10/Renstra-Kemendikbud-full-version.pdf
Rihi, S. P. P., & Bano, V. O. (2022). Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 14(2), 183-188.
Septantiningtyas, N. 2018. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Aplikasi Google Class terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikam Agama Islam Edureligia, 2(2):131
Sudirman, Z. A. (2022). Meta-Analisis Implementasi Virtual Laboratorium dalam Proses Pembelajaran Dan Sains. https://doi.org/10.5281/Zenodo.6831745
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta
Sukenti, E. (2021). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Sistem Sirkulasi. Pedagonal?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2572.
Suryaningsih, Y., et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Bio Educatio, Vol 5 No. 1 (2020)
Umah, F. Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Menggunakan Unity pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Jember (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi).