Author Guidelines

PEDOMAN UNTUK PENULIS

1. PEDOMAN UMUM

Jurnal Point: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Muslim Maros menerima naskah dalam penelitian bidang sumber daya manusia, pemasaran, operasi dan produksi, keuangan berbasis Syariah maupun konvensional, ekonomi dan bisnis serta kewirausahaan. Naskah dapat berupa hasil penelitian maupun studi kasus.
Naskah yang dikirim ke redaksi belum pernah di terbitkan/dipublikasikan oleh jurnal/majalah ilmiah lain dan tidak sedang dikirim kepada jurnal/majalah ilmiah lain untuk dipublikasikan.
Naskah ditulis dalam format MS Word (.doc), ditulis dalam Bahasa Indonesia berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah, (kecuali abstrak : ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris) dengan huruf Calibri ukuran 11 spasi 1dan spacing before dan after 0 pt

2. SISTEMATIKA PENULISAN

Naskah diketik spasi 1,5 pada kertas ukuran kertas A4 dengan jarak 2,5 cm dari tepi atas, samping dan bawah, halaman diberi nomor secara berurutan pada kanan bawah kertas  pada halaman awal dan nomor halaman berikutnya berada pada posisi tengah bawah.
a. Bagian Awal: judul, nama penulis, institusi, email, dan abstrak.
b. Bagian utama: pendahuluan yang berisi permasalahan penelitian, wawasan dan rencana pemecahan masalah dan tujuan penelitian. Panjang naskah pada bagian pendahuluan ini sekitar 2-3 halaman. Metode penelitian berisi jenis dan desain penelitian, populasi dan cara pengambilan sampel, instrument penelitian dan Teknik analisis data. Hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan, saran, implikasi dan rekomendasi.
c. Bagian akhir: Daftar Pustaka, keterangan simbol. Daftar pustaka menggunakan APA (American Psychological Association) style dan ada referensi yang bersumber dari jurnal ilmiah yang sudah dipublikasikan.

3. JUDUL DAN NAMA PENULIS

Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia, dicetak dengan huruf kapital pada awal kata/ Tittle Case, kecuali kata sambung/penghubung ditulis huruf kecil, dicetak tebal (bold), jenis huruf Calibri ukuran 12, spasi 1 dan spacing after 6pt.  jumlah kata maksimum 20, maksimal 3 baris. Judul ditempatkan pada posisi rata kiri kertas.
Nama penulis ditulis tepat di bawah judul dengan jarak 1 spasi atau rata kiri dibawah judul. Identitas penulis tidak disertai gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tidak diawali kata “oleh”. Urutan penulis adalah penulis pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya (calibri 12, Bold, spasi 1).
Nama perguruan tinggi/afilliasi (Program studi, Fakultas, Universitas) dan alamat email semua penulis ditulis di bawah nama perguruan tinggi/afilliasi.

4. ABSTRAK

Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Abstrak disusun secara naratif terdiri dari maksimum 200 kata dalam spasi tunggal dan dalam satu paragraf, tanpa tulisan latar belakang, metode, hasil dan kesimpulan
Abstrak ditulis secara berurutan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Abstrak ditulis dengan huruf Calibri ukuran 11, regular dan spasi 1. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci/keywords, terdiri dari 3-5 kata kunci dengan setiap frase maksimal 3 kata

5. ATURAN UMUM PENULISAN NASKAH

Setiap subjudul ditulis dengan huruf Calibri ukuran 11, dicetak tebal (bold), disertai penomoran abjad.
Contoh:

  1. PENDAHULUAN
  2. METODE PENELITIAN
  3. HASIL PENELITIAN
  4. PEMBAHASAN
  5. KESIMPULAN DAN SARAN 

Alinea baru rata kiri dan kanan dan tidak menjorok ke dalam, antar alinea tidak diberi spasi.
Kata asing dicetak miring (italic)
Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas dan diberi nomor urut
Ucapan terima kasih ditujukan kepada para profesional, departemen, institusi dan pihak-pihak lain yang memberikan dukungan teknis, dana atau dukungan lain.

6. REFERENSI

Daftar Pustaka tidak diberi nomor urut sesuai dengan urutan pemunculannya, tidak perlu mengurutkan tahun publikasi.
Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah.
Kemutakhiran referensi sangat diutamakan journal 10 tahun terakhir dengan urutan metaanalysis/systemic review.
Nama penulis yang dicantumkan dalam daftar pustaka maksimum enam. Bila jumlah penulis lebih dari enam, tuliskan dengan et al.
Jumlah Pustaka untuk rujukan artikel minimum 8 dan maksimum 25 serta dibatasi pada tulisan yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir.
Singkatan nama jurnal ditulis sesuai dengan daftar dalam Index Medicus
Manajemen referensi jurnal dengan mendeley dan referensi style APA.

ATURAN TAMBAHAN

Penulis harap menyertakan biodata singkat dalam bentuk esai dan alamat lengkap.
Redaksi berhak menyunting naskah tanpa mengurangi maksud tulisan. Dan, tulisan yang dimuat tidak selalu mencerminkan pandangan Redaksi.
Kelengkapan tulisan yang berupa ilustrasi atau gambar, grafik, dan tabel disesuaikan dengan isi halaman sekitar 18 x 11.5 cm. Ilustrasi atau gambar disertakan pula dalam bentuk JPG dan sebaiknya berwarna.
Jurnal Point : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Muslim Maros dalam penulisan sitasi dan Daftar Pustaka menggunakan Software Manajemen Referensi Mendeley.

PEDOMAN UNTUK PENULIS Versi PDF : KLIK DISINI