PEMETAAN KONSUMEN MITRA10 PASAR BARU TANGERANG DARI SISI SEGMENTASI PSIKOGRAFIS

  • Suhendar Janamarta Universitas Buddhi Dharma
Keywords: analisa klaster, segmentasi psikografis

Abstract

Segmentasi psikografis menjadi salah satu bagian dari kesinambungan sebuah capaian target dalam dunia pasar guna memasarkan produk yang sama kepada konsumen yang beragam. Tujuan penelitian ini untuk memetakan persepsi yang kemungkinan muncul pada kelompok konsumen yang datang ke Mitra10 Pasar Baru, Kota Tangerang, dengan adanya pemetaan kelompok konsumen ini diharapkan dapat memberikan salah satu gambaran penting terkait persepsi yang muncul pada para konsumen yang datang ke Mitra10, sehingga gambaran tersebut mampu menjadi sebuah kesimpulan bagi pihak manajemen untuk menentukan langkah atau kebijakan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan capaian target pangsa pasar yang sudah ada. Untuk mendapatkan kelompok pemetaan tersebut, peneliti menggunakan teknik analisis klaster dengan memberikan angket kepada 134 responden yang dijadikan sebagai sampel dengan teknik aksidental selama kurang lebih 2 bulan lamanya. Dari hasil olahan data, dapat disimpulkan bahwa setidaknya terdapat 4 klaster atau segmentasi dari konsumen Mitra10 yang terbentuk dari hasil rata-rata. Dengan demikian Pihak manajemen Mitra10 dapat melakukan targeting pada segmen dengan jumlah anggota klaster yang paling besar sehingga Mitra10 dapat lebih mampu menargetkan konsumen dan mempertahankan kegiatan bisnisnya dimasa pandemic saat ini.

References

Ahmadi, N. K., & Herlina. (2017). Analisis Segmentasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, Vol 03. No.01, Januari 2017.

Deviany Amanda Rizki, D. (2013). Analisis Persepsi Konsumen Dan Strategi Pemasaran Beras Analog (Analog Rice). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 144-162.

JOHANNES, S. (2004). ANALISIS MULTIVARIAT ARTI DAN INTERPRETASI. JAKARTA: PT. RINEKA CIPTA.

Ketherin, B. E., Arifiyanti, A. A., Sodik, A., & Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. (2018). Analisa Segmentasi Konsumen Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan VI 2018.

Kotler, P., & Armstrong, N. G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Malhotra. (2006). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

mitra10_official. (2015, November 06). Mitra10 Company Profile. Jakarta, Jakarta, Indonesia.

Muhidin, A. (2017). Analisa Metode Hierarchical Clsutering dan K-Mean dengan Model LRFMP pada Segmentasi Pelanggan. SIGMA, Jurnal Teknologi Pelita Bangsa.

Nugroho. (2008). Statistik Multivariat. Bengkulu: UNIB Press.

Prasetyo, L. D., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2017). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR SEGMENTASI DEMOGRAFIS DAN SEGMENTASI PSIKOGRAFIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE MTC MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16163

Setiadi. (2008). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trisnawati, E., Suroso, A., & Kumorohadi, U. (2012). Analisis Faktor-Faktor Kunci Dari Niat Pembelian Kembali Secara Online (Study Kasus Pada Konsumen Fesh Shop). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE).

Tohari, A. (2016). Cluster Analysis Psychographic Consumers Kediri Town Square. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 109-118.

Umar. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Yulianto, S., & Hidayatullah, K. H. (2014). ANALISIS KLASTER UNTUK PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH BERDASARKAN INDIKATOR KESEJAHTERAAN RAKYAT. Statistika, 56-63.

Published
2020-12-24
How to Cite
Janamarta, S. (2020). PEMETAAN KONSUMEN MITRA10 PASAR BARU TANGERANG DARI SISI SEGMENTASI PSIKOGRAFIS. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 110-121. https://doi.org/10.46918/point.v2i2.731
Section
Articles