PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA FIRMAN DEKORASI (WEDDING ORGANIZER)
DOI:
https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566Keywords:
Harga, Kualitas layanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 20,522 + 0.488X1, nila koefisien korelasi sebesar 0,624 artinya kedua variabel memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 38.9% Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (6,284 > 1,999) hal ini diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Harga terhadap kepuasan konsumen pada Firman Dekorasi Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaa regresi Y = 19,040 + 0,528X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,624 artinya kedua memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 33,2% Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (5,550 > 1,999), hal ini diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Firman Dekorasi Harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 14,249 + 0,345X1 + 0,308X2. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,684 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 46,8% sedangkan sisanya sebesar 53,2% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (26,872 > 2,760), hal tersebut juga diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara Harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Firman Dekorasi
References
Assauri, S. 2010. Manajemen Pemasaran ;Dasar, Konsep, Strategi .PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
J Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar. Cet 4. Jakarta: Rineka Cipta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2012. Marketing Management 13. New jersey: Person Prentice Hall, Inc.
Pasaribu, V. L. D., & Jaenanto, J. (2020, January). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENYEWA RUANG KANTOR DI PT ISMAWA TRIMITRA GEDUNG GRAHA ISKANDARSYAH PERIODE 2018 JAKARTA SELATAN. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).
PASARIBU, V. L. D. (2017). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP PERSEPSI MEREK YANG BERDAMPAK KEPADA KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND AND BODY LOTION MEREK VASELINE (Studi Kasus TIP TOP Ciputat, Tangerang Selatan). INOVASI, 4(2).
Priyatno, D.2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. GAVA MEDIA.Yogyakarta.
Haryoko, U. B. (2016, September). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS MEREK TOYOTA AVANZA DI UGENG JAYA MOTOR. In PROCEEDINGS (Vol. 1, No. 1).
Haryoko, U. B., & Dina, R. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DONATUR PADA YAYASAN YATIM INDONESIA CABANG GRAHA RAYA BINTARO. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 30-42.
Haryoko, U. B., Septiani, F., & Risnalinda, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 40-47.
Sangadji, E, M. Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. ANDI. Yogyakarta.
Sinambela, L, P. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan public, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Siregar, S.2014. Statistik Parametrik; Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara. Jakarta.
Supranto. 2010. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Bogor. Yudhistira.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
________. 2014. Statistika Untuk Penilaian. Alfabeta. Bandung
________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Swastha, Bashu dan Irawan. 2010. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama Cetakan Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Tasunar, Nanang. 2011. Kualitas Pelayanan. Bogor. Ghalia Indonesia
Terry, George. 2010. Dasar-dasar Manajemen Cetakan Kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy. 2012 Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset. Yogyakarta.
________. 2014. Bauran Pemasaran jasa. Penerbit: Andi Offset. Yogyakarta.
________. 2015. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorisus Chandra. 2016. Service, Quality dan Statisfaction. Andi Offset. Yogyakarta.
