Pengaruh Akuntabilitas, Citra Lembaga dan Kualitas Pelayanan terhadap minat Muzakki membayar Zakat dengan Kesadaran Sebagai Variabel Moderating pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pangkep

Authors

  • Zulfatul Munawwarah UIN Alauddin Makassar
  • Nurfiah Anwar UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Nasri Katman UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.46918/point.v7i1.2731

Keywords:

akuntabilitas, citra lembaga, kualitas pelayanan, minat muzakki membayar zakat, kesadaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh Akuntantabilitas, Citra Lembaga Dan Kualitas Pelayanan Terhadao Minat Muzakki Membayar Zakay Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Moderating Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pangkep. Adapun sampel yang dipakai pada penelitian ini adalah muzakki pada Baznas Kabupaten Pangkep, dengan metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian didapatkan bahwa variabel akuntabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat dengan nilai t-statistik 0,019<1,96 dan nilai p-value 0,985>0,05. Pada variabel citra lembaga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat dengan nilai t-statistik 1,455<1,96 dan nilai p-value 0,146>0,05. Pada kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat dengan nilai t-statistik 4,527>1,96 dan nilai p-value 0,000<0,05. Untuk kesadaran memoderasi variabel akuntabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat dengan nilai t-statistik 1,673<1,96 dan nilai p-value 0,095>0,05. Untuk kesadaran memoderasi variabel citra lembaga berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat dengan nilai t-statistik 3,249>1,96 dan nilai p-value 0,001<0,05. Serta untuk kesadaran memoderasi variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat dengan nilai t-statistik 2,449>1,96 dan nilai p-value 0,015<0,05. 

References

Muhammad Annas, M. I. (2022, Januari). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas dan Pengetahuan Zakat Warga NU Desa Kesilir Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi terhadap Minat Membayar Zakat Melalui Lazismu. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa), 2(1), 73.

Nur Kabib, A. U. (2021). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1)

Assagaf, M. A. (2016). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Ppengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Skripsi, UIN Alauddin Makassar

Salmawati, M. F. (2018). Pengaruh Tingkat Pendapatn, Religiusitas, Akuntabilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akutansi (JIMEKA), 3(1)

Widiastuti, N. A. (2019, September). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat (Studi pada LAZ Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah, 6(9)

Muawanah, R. (2019, Februari). Pengaruh Kepercayaan dan Citra Lembaga terhadap Minat Donatur Membayar Zis (Zakat, Infaq dan Shadaqah) di Lembaga Amil Zakat Ummul Quro (Laz-Uq) Jombang. BIMA: Journal of Busines and Innovation Management, 1(2), 112, 113, 114.

Sofiyani, I. (2021, Januari). Analisis Pengaruh Citra Lembaga, Kualitas Layanan dan Religiusitas terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat dengan Minat sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(1), 74-75.

Ahmad Afandi, A. F. (2022, Januari-Juni). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Transparansi dan Reputasi Lembaga terhadap Keputusan Muzakki Dalam Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta. JISFIM: Journal of Islamic Social Finance Management, 3(1), 39.

Salmawati, M. F. (2018). Pengaruh Tingkat Pendapatn, Religiusitas, Akuntabilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akutansi (JIMEKA), 3(1), 55, 57.

Nurhasanah. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki Mmembayar Zakat di LAZ Yayasan Insam Madani Jambi. Skripsi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 3, 30, 32, 33, 38.

Setiawan, F. (2017). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan Dan Reputasi Terhadap Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Profesi. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 3.

Rasyid, H. M. (2019, Juli). Persepsi Masyarakat Terhadap Kesadaran Muzakki Dalam Mmembayar Zakat Di Kabupaten Pinrang. DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum, 17(1), 130.

Mursalin, N. A. (2018). Analisis Pengelolaan Zakat Untuk Mendorong Peningkatan Ekonomi Di Kabupaten Pangkep. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 8.

Auditya, L. (2013). Analisis Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemenrintah Daerah. Jurnal Fairness, 3(1), 25.

Arsyad, M. H. (2022). Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Akuntabilitas, Pengelolaan Dana dan Religiusitas Muzakki terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki untuk Membayar Zakat pada Lembaga Amil Zakat Lazismu Riau. Skripsi, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 50.

Aningsih, I. (2019). Pengaruh Pendapatan, Citra Lembaga, Kualitas Pelayanan terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Maal LAZ-UQ Jombang. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 105.

Panjaitan, J. E. (2016, September). Pengaruh Kualitaspelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen, 11(2), 26.

Ridla, H. N. (2015, Juli-Desember). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga dan Religiusitas Terhadap Minat Muzakki untuk Menyalurkan Zakat Profesi (Studi di Post Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Yogyakarta). Jurnal Manajemen Dakwah, 212, 213.

Nasution, E. Y. (2017). Pengaruh Pendidikan, pendapatan dan Kesadaran terhadap Minat masyarakat Mmembayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS): Studi Kasus Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembagunan, 17(2), 152.

Kartika, I. (2020). Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki Di Baznas Salatiga). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 44, 45.

Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: KBK Indonesia.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi . Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Devita Ayu Fildayanti. (2022). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Pengetahuan terhadap Niat Membayar Zakat Pertanian dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating (Studi pada Masyarakat Kabupaten Luwu Timur). Skripsi Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 33.

Puji Rahayu. (2018). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Kualitas Pelayanan, dan Citra Lembaga terhadap Tingkat Kepercayaan donatur dan Perlakuan Akuntansi Infaq Berdasarkan Persepsi Donatur (Studi Empiris pada LAZ Yayasan Dana Sosial AL-Falah Jember). Skripsi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, 36-40.

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Pengaruh Akuntabilitas, Citra Lembaga dan Kualitas Pelayanan terhadap minat Muzakki membayar Zakat dengan Kesadaran Sebagai Variabel Moderating pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pangkep. (2025). POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 7(1), 1-15. https://doi.org/10.46918/point.v7i1.2731