Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Standar Pengelolaan Pendidikan Terhadap Peningkatan Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Marusu Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.46918/point.v6i2.2508Keywords:
penggunaan teknologi informasi, standar pengelolaan pendidikan, peningkatan kinerja guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi informasi dan standar pengelolaan pendidikan terhadap peningkatan kinerja guru di SD Negeri di Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros. Kinerja guru merupakan faktor penting dalam keberhasilan pendidikan, yang dipengaruhi oleh berbagai aspek, termasuk pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dan penerapan standar pengelolaan pendidikan yang sesuai dengan regulasi yang berlaku. Penggunaan teknologi informasi diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengajaran, mempermudah akses informasi, serta meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Sementara itu, penerapan standar pengelolaan pendidikan yang baik dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kualitas pembelajaran, seperti perencanaan yang matang, pengelolaan waktu yang efektif, serta evaluasi pembelajaran yang berkesinambungan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 50 guru SD Negeri di Kecamatan Marusu, yang dipilih secara acak. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel bebas (penggunaan teknologi informasi dan standar pengelolaan pendidikan) terhadap variabel terikat (kinerja guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik penggunaan teknologi informasi maupun standar pengelolaan pendidikan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Penggunaan teknologi informasi dapat mempercepat proses pembelajaran, sementara penerapan standar pengelolaan pendidikan yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Penelitian ini memberikan implikasi bagi pengembangan kebijakan pendidikan di tingkat sekolah dasar, yang mendorong penerapan teknologi informasi dan standar pengelolaan
References
Ahmad Budi Sakti Tambak, Y. L. (2022). Potensi Pendidikan dan Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 20–30.
Amsyah, Z. (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azis, A. (2020). Konsep Kinerja Guru dan Sumber Belajar Dalam Meraih Prestasi. Jakarta: Prenademedia Group.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). books.google.com.Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Destiana, B. (2013). FAKTOR DETERMINAN PEMANFAATAN TIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU SMK DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 285–299.
Diana Pramesti, M. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854
Fajri, C., & Terza Rahman, Y. (2021). Membangun Kinerja Melalui Lingkungan Kondusif, Pemberian Motivasi Dan Proporsional Beban Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(1), 211–220.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghozali, I. (2023). Pengaruh Gaji, Fasilitas Dan Minat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Gpm (Gunung Putra Mandiri). In Soetomo Management Review. ejournal.unitomo.ac.id.
Hamzah B Uno, N. L. (2012). Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasanah, S. M. (2021). Analisis Konsep dan Implementasi Penilaian Kinerja Guru. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 64–75. https://doi.org/10.52166/tabyin.v3i01.125
Hasibuan, M. S. . (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.