Strategi Pemasaran 7P Pada Penciptaan Kepuasan Pengunjung Wisata Romokalisari Surabaya

  • Stephanie Astrid Ayu UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA
  • Citra Anggraini Tresyanto Universitas Katolik Darma Cendika
  • Paola Sharon Susila Universitas Katolik Darma Cendika
Keywords: pariwisata, kepuasan, strategi, pemasaran

Abstract

Pasca pandemic Covid-19, saat ini destinasi wisata telah mulai menunjukkan aktivitas kembali. Banyak destinasi wisata baru juga dikelola untuk memberikan hiburan bagi masyarakat. Beberapa destinasi wisata juga menjadi sumber penghasilan bagi warga disekitar lokasi destinasi wisata tersebut. Salah satu destinasi wisata yang baru di Kota Surabaya adalah Romokalisari Adventure Land (RAL). Destinasi wisata ini berlokasi di daerah paling ujung dari Surabaya barat, berbatasan dengan dermaga ujung, dan berada di satu lokasi dengan Rusunawa Romokalisari. Program pemerintah kota Surabaya, selain mengelola destinasi wisata RAL untuk hiburan bagi warga kota Surabaya, Pemerintah kota Surabaya juga berharap dengan jumlah pengunjung destinasi wisata yang meningkat, maka akan memberikan dampak positif bagi perekonomian warga sekitar lokasi RAL. Berdasarkan data survei lapangan yang dilakukan, di Rusunawa Romokalisari terdapat 100 penghuni yang masuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Renda (MBR). Harapan dari pemerintah kota Surabaya untuk menciptakan sarana warga kategori MBR difasilitasi dengan destinasi wisata baru tersebut. Pengelola wahana dan UKM yang ada di RAL sepenuhnya dikelola oleh warga Rusunawa Romokalisari. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengambilan data, pengamatan, wawancara dan tinjauan lokasi RAL guna mengamati lebih jauh strategi pemasaran 7P untuk menciptakan kepuasan pengunjung destinasi wisata RAL. Strategi 7P membahas tentang product, place, price, promotion, people, phisycal evidence, process.  Dari hasil penelitian diketahui bahwa phisycal evidence dan process adalah hal yang lebih diperhitungkan oleh para pengunjung destinasi wisata RAL. Maka dari itu, pemerintah kota Surabaya perlu menciptakan physical evidence dan process yang sesuai dengan harapan dari masyarakat pengunjung destinasi wisata RAL, sehingga mampu meningkatkan jumlah pengunjung.

References

Abdillah, W., & Herawati, A. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (7p) terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah berbasis entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya), 2(2).

Amalia, Z. R. (2019). Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran Wana Wisata Padusan Pacet Kabupaten Mojokerto Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Commercium, 2(2).

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis pengaruh bauran pemasaran 7p terhadap kepuasan pelanggan pengguna gojek online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31-40.

Hasan, S., Awalia, S., Sihombing, N., Hakim, I., & Juliana, J. (2022). Pemasaran Jasa.

Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 72-83.

Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 4(2), 261-261.

J. Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kotler Dan Amstrong. 2011. Dasar-Dasar Pemasaran, Indeks: Jakarta

Landra, Nengah & Sapta Setia, I Ketut (2018). BISNIS PARIWISATA. CV. Noah Alethea, Kab. Badung Bali Indonesia

Mulyati, Y., & Afrinata, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(2), 191-200.

Puspaningtyas, M. (2011). Analisis strategi pemasaran jasa. Dinamika Dotcom: Jurnal Pengembangan Manajemen Informatika dan Komputer.

Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2192-2107.

RIZANTARA, S. (2015). STRATEGI PEMASARAN TELUK KILUAN SEBAGAI DESTINASI WISATA BAHARI DI PROVINSI LAMPUNG (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Sumiyati, S., & Murdiyanto, L. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 171-180.

Suryawati, B. N., Kusmayadi, I., & Wardani, L. (2019). Strategi 7p Untuk Perluasan Pangsa Pasar Sektor Industri Pariwisata Di Desa Ekowisata Kerujuk Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Abdi Insani, 6(1), 64-71.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Penerbit Andi.

Yanti, T. (2018). Strategi Bauran Pemasaran 7p Kawasan Ekowisata Di Desa Wisata Nglanggeran (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Https://Kemenparekraf.Go.Id/Ragam-Pariwisata/Persiapan-Sektor-Pariwisata-Indonesia-Di-Era-Next-Normal Diakses Pada 15 Juli 2022, Pukul 17.30 WIB.

https://www.detik.com/jatim/wisata/d-6313762/harga-tiket-8-wahana-di-romokalisari-adventure-land-surabaya/2 diakses pada 12 Januari 2023, 17.42 WIB

https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2022/seru-seruan-di-romokalisari-adventure-land-wisata-alam-baru-di-surabaya/, diakses pada 12 Januari 2023, 17.42 WIB

Published
2024-06-24
How to Cite
Ayu, S., Tresyanto, C., & Susila, P. (2024). Strategi Pemasaran 7P Pada Penciptaan Kepuasan Pengunjung Wisata Romokalisari Surabaya. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1), 19-29. https://doi.org/10.46918/point.v6i1.2179
Section
Articles