Peran Struktur Modal Dalam Meningkatkan Profitabilitas

  • Kampono Imam Yulianto Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Zara Tania Rahmadi Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Aprih Santoso Universitas Semarang
Keywords: Ukuran Perusahaan, Penjualan, Profitabilitas, Manufaktur

Abstract

Tujuan riset ini buat mengenali akibat firm size dan pertumbuhan penjualan kepada profitabilitas. Obyek dalam riset ini merupakan industri manufaktur sub zona consumer goods industry di BEI 2018-2022. Riset ini terjalin disebabkan ada kejadian deflasi serta penurunan profitabilitas yang terjadi disebagian besar industri consumer good industry yang terdapat di BEI pada kurun waktu 5 tahun itu. Jenis riset ini merupakan riset kuantitatif. Pengumpulan data memakai tata cara purpose sampling. Riset ini memakai informasi dari BEI. Hasil riset membuktikan kalau secara parsial firm size berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, artinya jika ukuran perusahaan meningkat maka profitabilitas akan menurun. Pertumbuhan penjualan berdampak negatif terhadap profitabilitas, artinya jika pertumbuhan penjualan meningkat, maka profitabilitas akan menurun. Ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan secara simultan berpengaruh positif terhadap profitabilitas, artinya jika ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan meningkat, maka profitabilitas juga akan meningkat.

References

REFERENCE
Elisa, S. N., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi. 10(7). 1-20
Hansen, V. & Juniarti. (2014). Pengaruh Family Control, Size, Sales Growth dan Leverage terhadap Profitabilitas. Business Accounting Review. 2(1). 21-34
Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan (Intergrated and Comprehensive edition). Jakarta : Grasindo.
Ismi, N., Cipta, W. & Yulianthini, N.N. (2021). Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio Dan Firm Size Terhadap Return On Equity Pada CV. Dwikora Usaha Mandiri. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha : Jurusan Manajemen. 8(2). 10-17
Jayanti, F.D. (2018), Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit Dan Profitabilitas Terhadap Kecepatan Waktu Dalam Penyampaian Laporan Keuangan. AKUISISI | Jurnal Akuntansi. 14(1). 26-33
Nainggolan, M.N. Sirait, A., Nasution, O.N. & Astuty, F. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Leverage terhadap Profitabilitas pada sektor Food and Beverage dalam Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi. 6(1).
Nurfitriana. (2012). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Aktivitas, dan Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade di BEI. Jurnal UNRI, 4(1). 19-32
Oktaviana, R. & Widyaningsih, I.U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas PerusahaanDengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening. Tirtayasa EKONOMIKA. 17(1), 117-130
Sartono, A. (2017). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi: Edisi 4. Yogyakarta: BPFE
Published
2023-06-28
How to Cite
Yulianto, K., Rahmadi, Z., & Santoso, A. (2023). Peran Struktur Modal Dalam Meningkatkan Profitabilitas. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 45-58. https://doi.org/10.46918/point.v5i1.1819
Section
Articles