Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Brand Ambasador Terhadap Brand Image Kopi Janji Jiwa Jl. Basuki Rahmat Surabaya

  • Stephanie Astrid Ayu Universitas Katolik Darma Cendika
  • Karina Fitria Pramaisella Universitas Katolik Darma Cendika
Keywords: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Brand Image

Abstract

Perkembangan gaya hidup di Indonesia menyebabkan peningkatan tren yang diimplementasikan

menjadi sebuah ide bisnis. Bisnis yang sedang menjadi pusat di Indonesia ialah bisnis kedai kopi.

Peningkatan akan kebutuhan dan konsumsi kopi di Indonesia membuat pertumbuhan kedai kopi semakin

meningkat terlebih di wilayah kota-kota besar di Indonesia. Salah satu kedai kopi yang juga mengalami

pertumbuhan yang sangat pesat ialah kedai Kopi Janji Jiwa. Penjualan yang dilakukan Kopi Janji Jiwa

selama satu bulan mencapai 5 juta cup dengan jumlah outlet yang cukup memuaskan hingga mencapai 700

outlet. Kopi Janji Jiwa juga telah bekerjasama dengan William Gozali sebagai Brand Ambassador yang

digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan Kopi Janji Jiwa dikalangan masyarakat.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Brand

Ambassador terhadap Brand Image Kopi Janji Jiwa pada cabang Jl.Basuki Rahmat Surabaya. Pengumpulan

data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 75 responden dengan menggunakan teknik purposive

sampling dan metode penelitian kuantitatif. Dengan uji validitas yang dinyatakan valid dan reliabel. Serta

pada uji normalitas One-Sample Kolmogorov-Smirnov memiliki alur distribusi yang normal dan tidak

terjadi multikolinearitas. Melalui uji t hasil yang didapatkan yaitu nilai signifikan Kualitas Layanan (X1)

sebesar 0,186 > 0,05 sehingga Kualitas Layanan tidak berpengaruh terhadap Brand Image. Nilai signifikan

Kualitas Produk (X2) sebesar 0,011 < 0,05 sehingga Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Brand

Image. Nilai signifikan Brand Ambassador (X3) sebesar 0,111 > 0,05 sehingga Brand Ambassador tidak

berpengaruh terhadap Brand Image.

Kata kunci:

Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Brand Image

References

Ajijah, N. 2019. Analisis Curahan Waktu Kerja Rumah Tangga Petani Pada Usahatani Kopi Arabika Di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah Skripsi. Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Syiah Kuala. Amin, N. H., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. 2017. Analisis Usahatani Kopi di Kelompok Tani Hutan Giri Senang Desa Giri Mekar Kabupaten Bandung.Jurnal Ilmiah Mahasiswa ] Agroinfo Galuh. Volume 3. No 3 Choliludinn, E. Nur. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Tabungan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung di BPRS Suriyah Cabang Semarang. Skripsi. Semarang : Fakutas Ekonomi. Universitas Negeri Islam Wali Songo Semarang. Duli, N. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS, Yogyakarta: Deepublish. Endriani, Dwi. 2018. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi Pada Pengguna Jasa J&T Express di Bandar Lampung). Skripsi. Lampung : Fakultas Ekonomi Universitas Islam Raden Intan13
Lampung. Erlangga, Darmawan., Sisilia, Kristina. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image (Studi pada Hotel Nusantara di Bandar Lampung). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Bandung. Ernawati, Diah. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk HI Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen. Vol 7. No 1. Fandy, Tjiptono., Gregorius, Chandra. Service, Quality dan Satisfication, Yogyakarta: Andi. 2005. Hal 11. Fasha, A. F., M. R. Robi., S. Windasari. 2022. Determinasi Keputusan PembelianMelalui Minat Beli: Brand Ambassador dan Brand Image (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 3. No 1. Firmansyah, M. A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (planning & strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Published
2023-06-29
How to Cite
Ayu, S., & Pramaisella, K. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Brand Ambasador Terhadap Brand Image Kopi Janji Jiwa Jl. Basuki Rahmat Surabaya. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 81-96. https://doi.org/10.46918/point.v5i1.1665
Section
Articles