Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Brand Ambasador Terhadap Brand Image Kopi Janji Jiwa Jl. Basuki Rahmat Surabaya
Abstract
Perkembangan gaya hidup di Indonesia menyebabkan peningkatan tren yang diimplementasikan
menjadi sebuah ide bisnis. Bisnis yang sedang menjadi pusat di Indonesia ialah bisnis kedai kopi.
Peningkatan akan kebutuhan dan konsumsi kopi di Indonesia membuat pertumbuhan kedai kopi semakin
meningkat terlebih di wilayah kota-kota besar di Indonesia. Salah satu kedai kopi yang juga mengalami
pertumbuhan yang sangat pesat ialah kedai Kopi Janji Jiwa. Penjualan yang dilakukan Kopi Janji Jiwa
selama satu bulan mencapai 5 juta cup dengan jumlah outlet yang cukup memuaskan hingga mencapai 700
outlet. Kopi Janji Jiwa juga telah bekerjasama dengan William Gozali sebagai Brand Ambassador yang
digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan Kopi Janji Jiwa dikalangan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Brand
Ambassador terhadap Brand Image Kopi Janji Jiwa pada cabang Jl.Basuki Rahmat Surabaya. Pengumpulan
data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 75 responden dengan menggunakan teknik purposive
sampling dan metode penelitian kuantitatif. Dengan uji validitas yang dinyatakan valid dan reliabel. Serta
pada uji normalitas One-Sample Kolmogorov-Smirnov memiliki alur distribusi yang normal dan tidak
terjadi multikolinearitas. Melalui uji t hasil yang didapatkan yaitu nilai signifikan Kualitas Layanan (X1)
sebesar 0,186 > 0,05 sehingga Kualitas Layanan tidak berpengaruh terhadap Brand Image. Nilai signifikan
Kualitas Produk (X2) sebesar 0,011 < 0,05 sehingga Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Brand
Image. Nilai signifikan Brand Ambassador (X3) sebesar 0,111 > 0,05 sehingga Brand Ambassador tidak
berpengaruh terhadap Brand Image.
Kata kunci:
Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Brand Image
References
Lampung. Erlangga, Darmawan., Sisilia, Kristina. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image (Studi pada Hotel Nusantara di Bandar Lampung). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Bandung. Ernawati, Diah. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk HI Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen. Vol 7. No 1. Fandy, Tjiptono., Gregorius, Chandra. Service, Quality dan Satisfication, Yogyakarta: Andi. 2005. Hal 11. Fasha, A. F., M. R. Robi., S. Windasari. 2022. Determinasi Keputusan PembelianMelalui Minat Beli: Brand Ambassador dan Brand Image (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 3. No 1. Firmansyah, M. A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (planning & strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.