Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Pada Sekolah SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Authors

  • lukmanul hakim UNIVERSITAS MUSLIM MAROS
  • Muhammad Nurjaya Universitas Muslim Maros
  • Muh. Alam Nasyrah Hanafi Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/point.v4i2.1613

Keywords:

Efektifitas, Sistem Informasi Manajemen, Kemampuan Mengajar Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru di SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bersifat non eksperimental. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang guru SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan dokumentasi dengan skala pengukuran yakni skala likert. Metode analisis data yang digunakan deskriptif statistik. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis uji t (parsial) diperoleh thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Hal ini berarti bahwa sistem informasi manajemen telah efektif dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru di SMP Negeri Segeri 1 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Author Biography

  • Muh. Alam Nasyrah Hanafi, Universitas Muslim Maros

    Manajemen

References

Abdullah. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Kepuasan Orang Tua Peserta Didik SD Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu. Tesis. Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta.

Amsyah, Z. (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Budiartha, I Ketut, N. M. S. R. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.1, 1, 115–142.
Danim, S., (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta. Darmadi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan: Melejitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Yogyakarta: Deepublish.

DeLone, W.H., dan McLean, E.R. (2003). Information Systems Success : The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research, pp. 60- 95.

DeLone, W., and McLean E.R. (1992). Information System Success: The Quest for The Dependent Variabel. Information System Research.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hidayat. H, & Ganefri. (2017). Perspektif Pedagogi Entrepreneurship di Pendidikan Tinggi. Jakarta: Prenada Media.

Helmawati. (2015). Mengenal Dan Memahami Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Isjoni. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kasetyaningsih, S.W, & Lubis, N.S. (2019). Sistem Informasi Manajemen Akademik Dan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Jurnal http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/ istighna.

Kemendikbud. ( 2020). Pencegahan dan Penanganan Covid-19.

Kusumaputri, E.S,. (2018). Komitmen pada Perubahan Organisasi (Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi). Yogyakarta: Deepublish.
Majid. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Marmoah, Sri. (2018). Administrasi dan Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek. Yogyakarta: Deepublish.

Nasution, S. (2010). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuryanto. H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Balai Pustaka.

Qatrunnada, P.N. (2019). Analisis Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Indonesian Journal Of Education Management And Administration Review.
Putria, et,al,.. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Putro dan Prof. Dr.Hatane Semuel, MS., Ritzky Karina M.R. Brahmana, S.E., M.A, (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kalitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.2, No. 1, (2014) 1-9

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Raminda, A. N. A., & Ardini, L. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas. Informasi dan Kepuasan Pengguna ACCURATE terhadap Kinerja Individu. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(9), 1–15.

Riningsih. (2016). Kemampuan Guru Sma Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Kurikulum 2013 di Kabupaten Cilacap. Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: SCU Knowledge Media.

Setyo, D., & Rahmawati, D. A. (2015). Pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem informasi terhadap kepuasan serta kinerja pengguna sistem informasi. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6(1), 47–59. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Suarta, I. M., & Sudiadnyani, I. O. (2015). Penentu Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. In Prosiding Simposium Nasional Akuntansi Vokasi ke-4 (hal. 28–30).
Sugiono. (2002). Metode Penelitian Administrasi R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfa Beta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sun, et.al,. (2020). Coronavirus Pushes Education Online. Nature Materials, 19(6), 687-687.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Sutikno. M.S,. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Suyanto, & Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di era Global. Jakarta : Erlangga.

Tohirin. (2011). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Wali Pers.

Yakub, Vico Hisbanarto. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Pada Sekolah SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (2022). POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(2), 75-85. https://doi.org/10.46918/point.v4i2.1613