Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Online
DOI:
https://doi.org/10.46918/point.v3i2.1145Keywords:
Product quality, consumer trust, brand image, customer satisfactionAbstract
This study aims to analyze partially and simultaneously the influence of product quality, brand image and consumer trust on customer satisfaction. Including quantitative research using the results of questionnaire surveys filled by respondents. The sample used is 100 consumers of on line products in Palembang. The method of data analysis uses multiple linear regression analysis. To test the hypothesis the partial effect of independent variables on the dependent variable used the t test. The F test is used to test the effect of the independent variables on the dependent variable together. The results of processing data show there is an influence of product quality on customer satisfaction. Consumer trust affects consumer satisfaction and brand image does not affect consumer satisfaction. Taken together there is the effect of independent variables on the dependent variable. Consumer trust has the most dominant influence on customer satisfaction on line products in Palembang.
References
Konsumen Pada Hotel Jepara Indah, Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol. 8 No. 1
Maret 2011
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta
Evawati , 2013, Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulagi Manado
Endraswati. 2007. “Mutu Produk, Nilai dan Kepuasan Pelanggan dalam Pandangan Islam”.
Marketing Mix Extra. Jakarta
Diansyah, Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan konsumen Laptop Lenovo Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Moderating Media Studi Ekonomi Volume 19 No. 2 ,Juli – Desember 2016
Kotler, Philip dan Amstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran jilid 2, edisi ke -9, Jakarta: PT Indeks
Kelompok Gramedia
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks
Kotler, Philip. 2000. Marketing Pemasaran : Edisi Milenium, New Jersey : Prentice Hall. Inc. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13, jilid 2, Jakarta :
Erlangga
Nuriyana, Fatati, Sucipto, dan Shyntia Atica Putri, 2014, Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Images Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Teh Botol Sosro, Jurnal Alumni Jurusan Teknologi Industri Pertanian, FTP – Univ. Brawijaya dan Dosen Jurusan Teknologi Industri Pertanian, FTP – Univ. Brawijaya. Tjiptono
Sondakh 2014. Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado) Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.3 ,No.1, 2014:19-32
Suliyanto, 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Ghalia, Bogor.
Susilowati, 2015. Jurnal Komunikasi, Volume VI Nomor 1, Maret 2015 Jakarta Timur
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa Edisi pertama. Yogyakarta: Andi
Wahyuningsih, E. dkk. 2013. Pengaruh Pelayanan Prima, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah ISSN 2337-7003
Wibowo, Ariadi, 2009 Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Volume VIII, N No. 2, September 2009, halaman 173 -
186
Wijayanti, T. 2012. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada
Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumi Putera 1912 Cabang Purworejo 2012.
Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., dan Foxall, G. R.. 2003. A Proposed Model of Trust for
Electronic Banking, Technovation.
