Pengaruh Harga Beli, Pendapatan dan Pengalaman Mengonsumsi Terhadap Jumlah Pembelian Daging Sapi
DOI:
https://doi.org/10.46918/peternakan.v2i2.1008Keywords:
Harga beli, pendapatan, pengalaman mengonsumsi, pembelian daging sapiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel independen yaitu harga beli harga beli (X1), pendapatan (X2) dan pengalaman mengonsumsi (X3) terhadap variabel dependen (terikat) yaitu jumlah pembelian daging sapi (Y). Kelima faktor ini berkaitan erat dengan jumlah konsumsi daging pada konsumen di Pasar Sentral Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada Juni hingga Agustus 2007 di Pasar Sentral Kota Makassar dengan jumlah responden sebanyak 67 orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa besarnya pengaruh harga beli daging sapi (r2) terhadap jumlah pembelian daging sapi adalah sebesar 32,14%, pengaruh pendapatan (r2) terhadap jumlah pembelian daging sapi adalah sebesar 67,40%, dan pengaruh pengalaman mengkonsumsi (r2) terhadap jumlah pembelian dagin sapi adalah sebesar 0.43%. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen (X) tersebut memiliki pengaruh yang berbeda terhadap variabel dependen (Y). Dimana pengalaman mengonsumsi memiliki pengaruh yang sangat lemah sedangkan pendapatan memiliki pengaruh yang sangat kuat.