Analisis Ekuitas Merek Susu Kental Manis di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.46918/peternakan.v5i1.1674Keywords:
Ekuitas merek, Uji Cochran, Kota Makassar, Susu Kental ManisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek susu kental manis di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan 200 responden dari lima lokasi diantaranya tiga pasar modern dan dua pasar tradisional di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden berdasarkan indikator kunci ekuitas merek yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase (kesadaran merek), uji cochran (asosiasi merek), importance performance analisis (persepsi kualitas) dan metode rangking order (loyalitas merek). Hasil penelitian menunjukkan merek Frisian Flag yang paling diingat oleh konsumen (kesadaran merek); harga terjangkau, merek terkenal, tingkat kekentalan pas, kualitas produk tinggi, rasanya enak, info produknya lengkap, praktis, kemasan menarik, ukuran kemasannya bervariasi, promosi dan iklannya menarik dan mudah diperoleh merupakan asosiasi pembentuk brand image dan merek Frisian Flag lebih baik dibanding merek lainnya dalam pengukuran persepsi kualitas dan loyalitas merek.
References
Abdalah, K. (2017). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian pada Website Traveloka (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).1-17.
Aisyah, S., & Hiola, S. K. Y. (2017). Analisis preferensi konsumen terhadap produk olahan ayam di Kota Makasar. Jurnal Galung Tropika, 6(3), 174-184.
Anggraeni, E. D., Hidayat, S. I., & Amir, I. T. (2021). Persepsi dan Minat Masyarakat Terhadap Konsumsi Susu. Jurnal Social Economic of Agriculture, 10(1), 41-49.
Aulia, N., R, S. A., Sahlan, & Hiola, S. K. Y. (2021). Sikap konsumen terhadap produk kerupuk Dangke Melona dan tanpa merek di Kecamatan Cendana, Enrekang. Jurnal Sains Dan Teknologi Peternakan, 2(2), 56-63. https://doi.org/10.31605/jstp.v2i2.1032
Badan Pusat Statistik Indonesia, S. (2018). Badan pusat statistik. BPS-Statistics Indonesia.
Darmadi, D., & Sugiarto, S. T. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat, S. I., & Anggraeni, E. D. (2021). Mencermati Konsumsi Susu dan Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi. SEMAGRI, 2(1), 97-107.
Khadijah, S. (2017). Ekonomi Mikro: Aplikasi dalam bidang agribisnis. CV Inti Media: Makassar.
Kotler, P. & Keller, L.K. (2016). Marketing Management. Pearson Education. Fifteenth Edition
Leonanda, K., & Purnama, S. (2020). Pengaruh ekuitas merek terhadap niat beli pada produk minuman isotonik mizone (studi kasus di Universitas Esa Unggul). JCA of Economics and Business, 1(02). 421-429.
Marwati, S., Hidayat, W., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, dan Asosiasi Merek terhadap Keputusan Pembelian melalui Ekuitas Merek (Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Blackberry di Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(3), 30-39.
Nujulia, N. (2013). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Pasta Gigi Pepsodent (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat). Pendidikan Ekonomi, 2(2), 1-14.
Sanny, L. (2011). Analisis industri pengolahan susu di Indonesia. Jurnal Binus Business Review, 2(1), 81-87.
Santoso, S. I., Setiadi, A., Kisworo, A. N., & Nuswantara, L. K. (2012). Analysis various factors that influence the purchasing behavior of goat milk in Bogor Regency, Indonesia. International Journal of Engineering and Technology, 12(5), 124-131.
Sudar, D. P., & Rahardjo, S. T. (2014). Analisis Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian PC Tablet Apple Ipad (Studi Kasus pada Konsumen Apple Ipad di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 3 (3), 1-15.
Sudarsono, D. S., & Kurniawati, D. (2013). Elemen ekuitas merek dalam keputusan pembelian laptop. JRMA (Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi), 1(1), 18-27.
Supriatna, D., Nurrochmat, D. R., & Fahmi, I. (2017). Pengaruh bauran pemasaran, ekuitas merek terhadap keputusan pembelian benih cap kapal terbang di Jawa Barat. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 3(3), 341-341.
Top Brand. 2022. Top Brand Index. topbrand-award.com/top-brand index. Diakses tanggal 30 Juni 2022.
Wright, T., & Meylinah, S. (2014). Indonesia dairy and products annual report 2014. GAIN Report. USDA Foreign Agriculture Service.
